Adiguna Masonry
0812 88 999 028

Blog details

Distributor Batu Granit: Alasan Menggunakan Batu Granit

11 Nov 2023
Distributor Batu Granit: Alasan Menggunakan Batu Granit

Distributor batu granit memiliki tugas untuk menjual batu granit berkualitas yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan hunian. Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam termasuk batu granit yang melimpah. 

Batu granit adalah batuan alam yang sering dicari masyarakat Indonesia. Memiliki bentuk dan kualitas yang bagus membuat batu granit cocok untuk berbagai jenis hunian. Penggunaan batu granit juga bisa mempercantik ruangan.

Mengenal Sekilas Tentang Batu Granit

distributor batu granit

Pexels.com

Batu granit adalah batuan beku yang memiliki tekstur kasar dan di dalamnya terdapat kandungan berupa mineral kuarsa. Kandungannya kurang lebih sebesar 10 hingga 50 persen dan ada jenis mineral lainnya. 

Batuan ini sebenarnya sudah digunakan sejak zaman dulu sehingga termasuk batuan tertua di Indonesia. Walaupun begitu, alasan mengapa masih menggunakan batu granit sampai saat ini adalah karena termasuk produk yang tahan lama. 

Selain itu batu granit juga sangat kuat sehingga cocok digunakan pada lantai keramik dan dinding hunian. Biasanya batu granit digunakan untuk mengganti keramik pada kamar mandi dan dapur. 

Ketebalannya bervariasi yaitu mulai dari 20 sampai 50 mm dan sering digunakan pada meja kasir, rak, bangku, dan sebagainya. Di bawah ini ada beberapa ciri-ciri dari batuan granit. 

  • Anti noda karena teksturnya glossy dan kuat sehingga proses pembersihannya juga mudah. 
  • Perawatan mudah karena cukup memoles permukaan yang kotor dan batu granit akan langsung bersih. 
  • Tahan terhadap panas sehingga tidak perlu khawatir akan mengalami kerusakan jika meletakkan benda panas atau hangat di atas batuan.

Manfaat Batu Granit

distributor batu granit

Pexels.com

Alasan mengapa perlu membeli batu granit dari distributor batu granit adalah karena memiliki banyak manfaat. Batu granit bisa digunakan di berbagai hunian rumah seperti berikut ini.

1. Ornamen Dinding 

distributor batu granit

Pexels.com

Kalau Anda bingung ingin mengisi dinding dengan hiasan apa bisa menggunakan batu granit. Lembaran granit yang sudah melalui proses pengolahan dan dipoles memiliki tampilan yang bagus sehingga cocok untuk ornamen dinding. 

2. Dekorasi Rumah 

distributor batu granit

Pexels.com

Seperti penjelasan sebelumnya bahwa batu granit memiliki tampilan yang sangat indah sehingga cocok untuk dekorasi rumah. Setiap lempengan memiliki bentuk yang elegan dan unik sehingga ruangan akan tampak berkelas. 

3. Konstruksi Bangunan

distributor batu granit

Pexels.com

Tidak hanya itu, batuan granit juga sering digunakan pada konstruksi bangunan karena kekerasannya tinggi dan teksturnya kasar. Tidak hanya itu, batuan granit juga memiliki kandungan mineral yang tinggi sehingga cocok dijadikan sebagai pondasi hunian.

4. Meja Dapur

distributor batu granit

Pexels.com

Terakhir, manfaat dari batu granit adalah bisa digunakan untuk meja dapur karena ada tekstur yang halus. Meja dapur dengan lapisan batu granit akan membuat dapur tampak lebih cantik dan selalu terlihat baru. 

Tidak hanya itu, dapur Anda akan tampak selalu bersih karena kotoran susah masuk ke batu granit. Kalaupun ada kotoran yang masuk, proses membersihkannya tidak susah karena tinggal di lap saja. 

Alasan Menggunakan Batu Granit

distributor batu granit

Pexels.com

Salah satu tempat yang menghasilkan produk batuan adalah distributor batu granit. Tempat ini menyediakan berbagai granit untuk bermacam-macam produk bangunan. Buat Anda yang masih ragu untuk menggunakan granit sebagai bahan hunian, bisa simak alasannya di sini.

1. Tersedia Aneka Finishing 

distributor batu granit

Wikimedia Commons

Banyak teknik finishing yang digunakan dalam pembuatan batu granit sehingga membuat tampilannya tampak menarik. Berikut ini beberapa teknik finishing yang digunakan pada granit.

  • Acid finish berarti batuan granit tidak melewati proses pembakaran tetapi menggunakan bahan kimia.
  • Unpolish adalah proses finishing yang menjadikan permukaan granit menjadi halus tetapi tidak mengkilap karena tidak dipoles.
  • Polish adalah proses finishing yang membuat granit tampak mengkilap sehingga sering digunakan pada lantai dalam ruangan. 
  • Rough cut adalah proses membuat batuan tampak mengkilap sehingga menjadi halus. Hal ini didapatkan bukan dari polesan melainkan adanya pemotongan dan sering digunakan untuk paving dan dinding. 
  • Honed adalah finishing dalam meratakan batuan namun hasil akhirnya tidak mengkilap.
  • Flamed adalah tahap finishing dengan hasil akhir bertekstur kasar sehingga cocok untuk wilayah pedestrian.

2. Terdapat Pori-pori Kecil

distributor batu granit

Wikimedia Commons

Alasan kedua mengapa menggunakan batuan dari distributor batu granit adalah karena memiliki pori-pori kecil. Tentu saja ini sangat menguntungkan karena granit tidak akan menyerap air. 

Hal ini sangat tepat diaplikasikan untuk wastafel, kamar mandi, taman, dan dapur. Pori-pori yang kecil membuat granit tidak mudah kotor. Contohnya adalah ketika Anda tidak sengaja menjatuhkan teh, maka noda bisa langsung dilap dan bersih.

Selain itu, noda teh tadi juga tidak akan meninggalkan bekas pada lantai granit sehingga tidak merusak keindahan ruangan.

3. Bersifat Hypoallergenic

distributor batu granit

pX Here

Sifat granit yaitu hypoallergenic yang menjelaskan tentang produk aman dari iritasi atau alergi. Oleh karena itu, banyak yang menggunakan granit sebagai material dalam bangunan. 

Cocok sekali untuk hunian yang ditinggali oleh anak-anak dan orang lanjut usia yang sensitif terhadap suatu benda. Menggunakan granit akan membuat Anda bisa hidup mewah namun versi hemat karena harganya juga terjangkau.

Granit bisa memberikan investasi jangka panjang sehingga Anda tidak perlu khawatir akan kerusakan. Bahan granit adalah produk yang memiliki kualitas tinggi sehingga tidak mudah rusak dan retak. 

Tepat bagi Anda yang memiliki rencana akan menjual rumah di puluhan tahun berikutnya. Material granit sangat kokoh dan stabil sehingga bisa meningkatkan nilai jual hunian tersebut. 

Adiguna Masonry Indonesia adalah salah satu distributor batu granit terpercaya. Batu granit adalah batuan yang bisa digunakan untuk berbagai jenis hunian. Kalau ingin mencari granit bisa mengunjungi situs resminya langsung.