Adiguna Masonry
0812 88 999 028

Blog details

Sintered Stone Indonesia, Alternatif Pengganti Marmer 

18 Nov 2023
Sintered Stone Indonesia, Alternatif Pengganti Marmer 

Dewasa ini pemakaian sintered stone Indonesia meningkat cukup pesat. Ini terlihat dengan banyaknya desainer interior maupun arsitek yang memanfaatkan batu tersebut untuk furniture. Bukan tanpa alasan, sintered stone punya maintenance yang rendah namun tetap tampak indah. 

Batuan ini cocok untuk bahan bangunan karena memiliki daya tahan tinggi, tahan goresan, tidak gampang keropos, serta punya nilai estetika ang tinggi. Dengan perkembangan teknologi, kini berbagai motif dan bentuk custom dari batu sinter juga bisa dibuat dengan lebih mudah.

Apa Itu Sintered Stone? 

Free photo numerology concept still life

Sumber gambar: Freepik

Batu sinter atau sintered stone merupakan batuan alami dengan tampilan dekoratif di lempengannya. Dalam proses pembuatannya, batu ini terbuat dari kombinasi antara tanah liat, pasir, serta bahan alami dengan teknik khusus. 

Partikel dan batuan yang digunakan untuk membuat sintered stone Indonesia juga tak boleh sembarangan, harus memiliki kualitas yang tinggi. Nantinya bahan-bahan ini diproses dengan cara memberikan tekanan dan suhu tinggi, serupa dengan proses pembuatannya di kerak bumi. 

Agar tak kesulitan membedakannya dengan batuan lain, ada karakteristik yang membuat batu sinter lebih menonjol dari batu lain, diantaranya adalah:

1. Lapisan Tanpa Lubang 

Berbeda dengan batu bangunan pada umumnya, batu sinter tidak memiliki lubang atau pori-pori di permukaannya. Inilah yang membuatnya terlihat estetik tanpa harus dilapisi dengan batuan tambahan. 

2. Tahan Cuaca Ekstrim 

Proses pembuatan batu sinter membutuhkan pengawasan yang ketat, hal ini juga diikuti dengan pemakaian suhu udara yang tinggi. Karena proses inilah, batu sinter jauh lebih tahan terhadap suhu dan cuaca panas. Ketika cuasa dan suhu turun, batu sinter juga tak mengalami perubahan bentuk.

3. Permukaan yang Tahan Kotor 

Sintered stone Indonesia punya lapisan yang tahan air dan noda. Anda juga tak perlu khawatir permukaannya gampang tergores furniture, sebab lapisan batu sinter cukup kuat, tak gampang terkelupas ataupun rusak. Membersihkan batu sinter juga lebih ringkas dan praktis dibandingkan batu bangunan lainnya. 

4. Pilihan Warna dan Gaya yang Beragam 

Jangan khawatir ketika menggunakan batu sinter, sebab ada banyak pilihan warna dan gaya yang bisa Anda coba. Pengaplikasikannya juga lebih variatif, Anda bisa memanfaatkannya untuk hiasan rumah, lantai atau lapisan di tembok bangunan. 

5. Tidak Beracun dan Aman Digunakan 

Meskipun dibuat oleh manusia, namun batu sinter merupakan batuan yang aman digunakan. Dibuat dengan bahan alami, sintered stoner merupakan batuan yang ramah lingkungan, tidak menimbulkan racun, ataupun mengakibatkan pencemaran lingkungan.

Perbandingan Sintered Stone Indonesia dengan Batuan Lain 

Free photo closeup of marble textured background

Sumber gambar: Freepik

Agar Anda lebih yakin menggunakan batu sinter, berikut adalah perbandingannya dengan batuan lain yang sering digunakan untuk bangunan, diantaranya:

1. Batu Sinter dengan Granit 

Granit membutuhkan perawatan yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan batu sinter. Mulai dari pembersihan batu dengan cairan pembersih yang memiliki pH netral, hingga pelapisnan ulang tiap 2 – tahun sekali.  Perawatan ini tentu memiliki cost yang lebih besar dibandingkan perawatan batu sinter. 

2. Batu Sinter dengan Marmer

Dibandingkan dengan sintered stone Indonesia, marmer memang memiliki tampilan yang lebih mewah. Namun marmer punya daya tahan yang lebih rendah di larutan asam tinggi, seperti air lemon atau cuka. Tidak hanya itu, marmer juga mudah tergores dan gampang ternoda. 

3. Batu Sinter dengan Kuarsa

Batu sinter dan batu kuarsa sebenarnya merupakan batuan buatan atau rekayasa. Sintered stone menggunakan bahan mineral, resin dan pengikat, sehingga menghasilkan sisi batuan yang lebih halus. Hal ini berbeda dengan batuan kuarsa yang menggunakan granit sebagai bahan utamanya, kekuatan batuan dan ketahanan nodanya kurang lebih sama dengan batu sinter. 

Pemakaian Sintered Stone yang Disarankan 

Free photo background of stone surface

Sumber gambar: Freepik

Sintered stone bisa digunakan untuk berbagai aspek, mulai dari lantai, dinding hingga furniture. Anda juga bisa memanfaatkan sintered stone sebagai fasad untuk bangunan. Terkait pemasangan, sebaiknya Anda tidak melakukannya sendiri. Lebih baik membeli batu sinter dan menggunakan jasa pemasangannya. 

Sebelum pemasangan sintered stone Indonesia di bangunan, sebaiknya pastikan kondisi tempat pemasangan batu sinter dalam keadaan bersih. Selain bersih, pastikan tempat tersebut cukup rata agar terhindar dari kemungkinan batu atau furniture yang retak. 

Kelebihan Sintered Stone Dibandingkan Batuan Lain 

Dibandingkan dengan batuan alami seperti marmer, sintered stone jauh lebih unggul karena bisa dibuat langsung oleh proses buatan. Tak perlu khawatir dengan kualitasnya, batu sinter menggunakan bahan terbaik dan diproses dengan teknologi terbaik, sehingga menghasilkan tampilan batuan custom sesuai preferensi.

Tampilan batu sinter juga bisa disesuaikan dengan tren yang tengah berjalan. Mengingat saat ini masyarakat Indonesia lebih menyukai produk kekinian yang tidak ketinggalan zaman. Inilah alasannya mengapa batu sinter saat ini bisa menjadi alternatif untuk variasi bahan bangunan. 

Rekomendasi Importir Sintered Stone Indonesia 

Free photo black background with charcoal

Sumber gambar: Freepik 

Menemukan importir sintered stone di Indonesia tak sulit lagi, Anda bisa menggunakan jasa dan layanan Adiguna Masonry Indonesia. Perusahaan ini merupakan distributor batu sinter yang sudah berpengalaman sejak tahun 1997. 

Tidak hanya batu sinter, PT Adiguna Masonry menyediakan pilihan batu alam lain untuk keperluan konstruksi dan bangunan, mulai dari marmer, granit, hingga batu semi mulia. Sedangkan layanan yang diberikan antara lain manajemen proyek, instalasi, pengetahuan, dukungan internal, dan pembelian. 

PT Adiguna Masonry Indonesia menyediakan pilihan batu sinter yang variatif. Anda bisa memilih corak statuario delicato, stone grey, thassos, trambiserra grey, dan lainnya. Tiap varian memiliki ciri khas sendiri yang membuatnya terlihat unik dan spesial. 

Sintered stone Indonesia merupakan batu alternatif terbaik pengganti marmer. Hunian pun akan lebih indah dan artistik tanpa harus mengeluarkan biaya besar untuk pembelian dan perawatannya.