Adiguna Masonry
0812 88 999 028

Blog details

10 Jenis Batu Alam untuk Dinding Rumah Anda

10 Dec 2021
10 Jenis Batu Alam untuk Dinding Rumah Anda

Apa saja jenis batu alam yang bisa dipilih untuk digunakan sebagai dinding rumah atau hunian Anda? Simak penjelasannya!

Sesuai namanya, batu alam merupakan jenis batuan yang bermula dari rangkaian proses secara alami. Material alami ini banyak dimanfaatkan dalam berbagai dekorasi interior maupun eksterior, salah satunya untuk dinding. 

Banyak jenis batu alam yang bisa digunakan untuk dinding guna meningkatkan nilai estetika suatu dekorasi bangunan.

Apa yang Dimaksud dengan Batu Alam?

Seperti yang disinggung sebelumnya, batu alam merupakan salah satu material yang terbentuk secara alami. 

Dalam proses pembentukannya menciptakan bentuk yang beragam. Bahkan dari tekstur hingga warna yang disuguhkan pun memiliki keunikan masing-masing.

Pada dekorasi interior rumah, batu alam dimanfaatkan sebagai pemanis rumah. Selain itu, dalam eksterior rumah pun banyak diaplikasikan pada elemen rumah, seperti lantai, teras, dinding, pilam, taman hingga kolam. Batu alam bisa menimbulkan kesan yang natural, alami, sejuk dan mewah. 

Namun, perlu diperhatikan, pengaplikasian batu alam tidak bisa sembarang. Anda harus menyesuaikan dengan dekorasi yang dibutuhkan secara tepat. 

Misalnya, batu alam yang digunakan untuk eksterior akan berbeda dengan batu alam yang diaplikasikan pada dekorasi interior. 

Jenis Batu Alam yang Digunakan untuk Dinding

Banyak jenis batu alam yang bisa diaplikasikan pada bagian dinding rumah. Masing-masing batu memiliki karakteristik yang berbeda-beda. 
Anda bisa memilih batu alam sesuai kebutuhan masing-masing.

Di antara jenis batu alam yang bisa dijadikan pilihan antara lain sebagai berikut:

1. Batu Andesit

Pertama, terdapat batu andesit yang merupakan jenis batu alam bertekstur keras serta tahan terhadap perubahan cuaca. 

Selain itu, bisa tahan terhadap jamur yang kerap merusak nilai estetika bangunan. Jenis batu alam yang satu ini cocok untuk diaplikasikan di area luar ruangan.

Karakteristik yang dimiliki batu andesit yakni berpori kecil, berwarna abu, hitam, dan memiliki model alur, abstrak hingga model bakar.

Sifatnya yang kuat akan membuat material ini lebih tahan lama.

Batu andesit memiliki motif serta corak yang beragam. Anda pun bisa memilihnya sesuai selera dan menyesuaikan dengan tema dekorasi yang diusung. 

Batu alam jenis andesit ini banyak diaplikasikan pada berbagai area rumah, seperti dinding, lantai garasi, lantai teras dan sebagainya.  

2. Batu Candi

Selanjutnya, terdapat jenis batu candi yang banyak digunakan untuk dinding rumah. Material yang satu ini memiliki warna gelap. 

Pertama kali ditemukan dan digunakan untuk membuat candi. Tidak heran hingga saat ini dikenal dengan nama batu candi. 

Penerapan batu candi sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin menciptakan kesan alami.

Umumnya, batu candi disuguhkan berupa lempengan yang akan memudahkan pemasangannya. 

Dari segi kekuatan, batu candi tidak memiliki ketahanan seperti halnya batu andesit. Maka dari itu, disarankan untuk tidak mengaplikasikannya di bagian luar.

Namun, jika Anda tetap ingin mengaplikasikan batu candi di bagian eksterior rumah, maka harus dilakukan coating. Hal ini dilakukan guna meningkatkan daya tahan pada batu yang diaplikasikan. 

3. Batu Cladding 

Pernahkah Anda mendengar batu cladding? Sebuah jenis batu alam yang disebut juga dengan batu mozaik. 

Banyak diterapkan pada bagian dinding luar dengan beragam corak dan warna yang unik. Batu cladding siap menciptakan nuansa yang elegan. 

Anda bisa menyusun batu ala mini secara acak/ kombinasi. Selanjutnya, akan tampak tidak berurutan tapi indah dipandang. Batu alam ini siap meningkatkan nilai estetika rumah hunian Anda. 

4. Batu Granit

Jenis batu alam lainnya yakni batu granit. Batu alam yang cukup populer di berbagai kalangan masyarakat. 

Granit siap memberikan kesan alami pada dekorasi rumah Anda. Batu granit banyak diaplikasikan pada area rumah bagian kamar mandi, dapur, dan sebagainya.

Untuk diaplikasikan pada furniture rumah, Anda bisa mengkombinasikannya dengan kayu jati. Misalnya, bisa diterapkan pada rak gantung, kabinet dan semacamnya. 

Selain itu, batu granit banyak digunakan untuk pelapis dinding rumah. 

5. Batu Hijau Sukabumi

Ada jenis batu alamnya yang tidak kalah menarik untuk dicoba. Anda bisa memilih batu hijau Sukabumi. 

Sesuai namanya, batu ini berasal dari pegunungan yang berada di kawasan Jawa Barat, tepatnya di Sukabumi.

Batu hijau ini banyak diterapkan dalam dekorasi bangunan guna menciptakan kontras yang bagus. 

Anda bisa mengaplikasikannya pada bagian dinding. Selain itu, cocok juga untuk dipasang pada pilar atau pun kolam yang ada di rumah.

6. Batu Marmer

Siapa yang tidak kenal batu marmer. Jenis batu alam yang satu cukup populer di kalangan arsitek. 

Marmer banyak diaplikasikan dalam dekorasi interior maupun eksterior rumah. Anda bisa menerapkannya di bagian lantai, meja dapur, hingga dinding.

Batu marmer siap menyuguhkan nuansa yang elegan dan mewah. Namun, tetap tersimpan sisi alami yang menyejukkan. 

Marmer tersedia dalam berbagai macam corak dan warna. Anda pun akan lebih leluasa memilih sesuai keinginan serta kebutuhan dekorasi rumah Anda. 

7. Batu Palimanan

Jika batu hijau berasal dari Sukabumi, maka batu palimanan bisa Anda temukan di Cirebon. Material yang satu ini banyak diaplikasikan pada berbagai dekorasi rumah. 

Batu palimanan memiliki karakteristik warna terang, berpori besar, rentan terkena sinar matahari maupun hujan. Maka dari itu dibutuhkan pelapis khusus agar bisa tahan lama.

Batu palimanan ini bisa digunakan pada dekorasi interior maupun eksterior. Warna palimanan yang cukup populer yakni coklat muda bercorak batik. Keunikan coraknya siap membuat dinding rumah Anda lebih indah.

8. Batu Sabak

Anda bisa mengaplikasikan batu sabak pada dinding rumah. Banyak keunggulan yang dimiliki batu sabak dibanding dengan batu alam lainnya. 

Sabak memiliki tekstur yang kuat, sehingga banyak digunakan untuk pondasi suatu bangunan.

Batu sabak bisa dijadikan lempengan tipis dengan cara dibelah. Selanjutnya, bisa ditempel pada dinding sebagai pelapis yang akan membuat dinding lebih tahan lama. 

Sifatnya yang kuat, membuat sabak banyak diaplikasikan pada kolam, dinding pagar, taman, pilar dan sebagainya.

9. Batu Susun Sirih

Terdapat batu susun sirih yang merupakan kombinasi dari batu alam lainnya. Batu susun sirih bisa dibuat dari batu andesit, palimanan dan batu alam lainnya. 

Banyak diterapkan sebagai material area luar rumah, seperti pilar, tiang atau pun pagar. Namun, Anda juga bisa menyusun batu ini sebagai dinding yang indah.

Penyusunan batu susun sirih yang tepat akan menciptakan dekorasi yang unik. Umumnya memiliki bentuk dan ukuran yang kecil, berkisar antara 3x30 cm hingga 3x40 cm.

Anda bisa berkreasi dalam menyusun batu alam yang satu ini. 

10. Batu Templek

Masih ada jenis batu alam lainnya yakni batu templek. Batu alam yang satu ini memiliki jenis yang beragam. 

Terdapat batu templek khas Purwakarta, Garut, dan Salagedang. Dari segi keunggulan semuanya sama, hanya saja motif yang disuguhkan berbeda-beda. 

Batu templek disajikan secara beragam yakni ada yang bermotif acak ada juga bentuk persegi. Kedua motif tersebut bisa menciptakan kesan yang natural. 

Jenis batu alam yang satu ini sudah populer sedari zaman dulu. Anda bisa mengaplikasikannya pada dinding rumah. 

Bingung Pilih Jenis Batu Alam Mana untuk Dinding Rumah Anda? Adiguna Masonry dapat Membantu Anda!

Jika Anda masih bingung memilih jenis batu alam mana yang sesuai dengan desain rumah Anda, silahkan hubungi ahlinya. 

PT. Adiguna Masonry adalah salah satu perusahaan yang menjual berbagai jenis batu alam dan natural stone serta melakukan instalasi sesuai dengan permintaan Anda. 

Temukan berbagai jenis batu alam di halaman produk kami, atau Anda juga bisa menghubungi tim kami untuk konsultasi lebih lanjur. 

Demikianlah ulasan terkait jenis batu alam untuk dinding. Pilihlah batu alam yang paling sesuai dengan tema dekorasi rumah Anda.

Nikmati kesan elegan dan mewah yang disuguhkan batu alam.