Adiguna Masonry
0812 88 999 028

Blog details

5 Batu Alam Dinding Teras Depan Yang Membuat Rumah Cantik

09 Feb 2023
5 Batu Alam Dinding Teras Depan Yang Membuat Rumah Cantik

Teras depan menjadi salah satu bagian yang penting pada suatu hunian. Tak mengherankan, banyak orang mendesain teras depan sebaik mungkin untuk mendapatkan tampilan yang lebih ciamik. Salah satunya dengan menggunakan batu alam dinding teras depan.

Penggunaan batu alam untuk teras depan sangatlah fleksibel, karena cocok untuk semua konsep hunian. Meski begitu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika ingin menggunakan batu alam pada bagian depan rumah. Terutama dari jenis batunya sendiri.

Selain bentuknya yang tidak sama, masing-masing tipe memberikan kesan yang berbeda pula. Nah, berikut ini 5 jenis batu alam yang paling sering digunakan untuk area teras depan.

Jenis-jenis Batu Alam yang Paling Cocok untuk Teras Depan

  1. Batu Andesit
    Tipe batu alam yang paling populer untuk bagian teras depan adalah batu andesit. Batu alam berwarna gelap ini terbentuk dari lava gunung berapi yang membeku, sehingga strukturnya lebih padat dan kuat. Selain kokoh, batu andesit juga lebih tahan lama. Batu alam ini sangat cocok untuk menghadirkan kesan natural dalam hunian berkonsep modern dan minimalis.
  2. Batu Alam Palimanan
    Jenis batu alam dinding teras depan yang berikutnya adalah batu palimanan. Batu ini memiliki tampilan yang sangat khas dengan warna cukup terang dan pori-pori yang besar. Selain itu, batu palimanan juga terkenal dengan kekuatannya dan tahan lama. Batu yang berasal dari gunung Ciremai ini tidak hanya cocok untuk area teras depan. Namun juga bisa digunakan di dalam ruangan.
  3. Batu Marmer
    Batu marmer seringkali digunakan pada rumah-rumah berkonsep minimalis modern. Warna batunya yang mewah membuat tampilan hunian terlihat lebih mewah. Selain itu, batu ini memiliki corak yang unik dengan permukaan halus yang makin menguatkan kesan modern pada teras bagian depan. Penggunaan marmer tak hanya menghadirkan kesan alam, tapi juga meningkatkan nilai estetika hunian. Namun, jika dibandingkan dengan jenis sebelumnya, batu marmer cenderung lebih mahal harganya.
  4. Batu Granit
    Granit juga sering digunakan untuk dinding teras depan rumah. Karakteristik batu alam ini adalah berpori-pori kecil, mudah dibersihkan, dan tidak mudah kotor. Batu granit juga memiliki warna dan corak yang menarik, sehingga menambah estetika dan membuat tampilan rumah menjadi lebih mewah. Sayangnya, harga batu alam ini cukup mahal dibanding dengan jenis sebelumnya.
  5. Batu Templek
    Terakhir, ada batu templek yang kerap kali digunakan untuk area teras depan. Ciri khas dari batu ini adalah bentuknya yang pipih dengan ketebalan cukup tipis dan berwarna abu-abu. Meski begitu, batu templek cukup kuat dan tidak awet.

Itu tadi batu alam dinding teras depan yang kerap digunakan untuk menambah estetika sebuah hunian.