Adiguna Masonry
0812 88 999 028

Blog details

5 Ragam Kegunaan Batuan Marmer

27 Jun 2021
5 Ragam Kegunaan Batuan Marmer

Batuan marmer memiliki beragam macam warna dan corak tergantung dari mineral yang terkandung di dalamnya. Batuan marmer ini sering kali ditemui di kehidupan sehari-hari, karena batuan ini memiliki banyak manfaat. Salah contohnya, yaitu batuan marmer yang digunakan sebagai bahan dasar lantai pada sebuah bangunan. Dengan coraknya yang indah, itu akan mudah untuk dipadukan dengan interior dalam sebuah bangunan. Selain itu, masih ada banyak kegunaan lainnya dari batuan marmer ini. Berikut ini adalah beberapa kegunaan lain dari batuan marmer.

  • Sebagai bahan konstruksi bangunan

Batuan marmer mempunyai banyak manfaat dekoratif dan struktural. Seperti yang dikatakan pada awal paragraph, marmer dapat dimanfaatkan untuk interior atau eksterior pada suatu bangunan. Bisa digunakan pada dinding eksterior dan veneer, lantai, dekoratif fitur, tangga, dan jalan setapak. Alasan yang mendasari banyaknya marmer digunakan untuk sebuah bangunan adalah karena batuan marmer sangat tahan lama, mudah dibersihkan, dan memiliki penampilan yang menarik.

  • Sebagai bahan dasar arsitektur

Marmer dapat menciptakan nilai keanggunan dan kecantikan. Untuk itu, batu marmer banyak digunakan sebagai bahan dasar aneka furniture, seperti meja, jendela, perapian, dan barang-barang kerajinan lainnya. Tidak hanya itu, batu marmer juga merupakan jenis batu alam yang dapat ditembus cahaya, sehingga dapat memberikan sifat lunak. Untuk itu, batu ini mempunyai kemampuan yang cukup tinggi untuk menyerap cat, sehingga sering dijadikan bahan dasar untuk membuat patung. Teksturnya yang lembut juga membuatnya mudah untuk dipahat. Banyak patung terkenal yang telah dihasilkan dari batuan marmer, seperti patung Artemis, yaitu dewi Yunani dari sebuah karya Yunani asli.

  • Sebagai pupuk

Salah satu manfaat yang paling unik dari batuan marmer adalah dapat digunakan sebagai pupuk. Cara pengaplikasiannya, yaitu marmer dipanaskan dan diambil zat kapurnya. Saat proses pemanasan, zat karbondioksida pada marmer akan hilang dan hanya menyisakan zat kapur atau kalsium dioksida. Zat kapur inilah yang dapat digunakan sebagai pupuk.

  • Sebagai bahan pewarna

Batuan marmer yang asli berwarna putih, dan kadang-kadang digunakan untuk membuat produk yang dikenal sebagai “kapur sirih”, yaitu serbuk putih yang sering digunakan sebagai pigmen, brightener, serta produksi kertas dan produk lainnya.

  • Sebagai batu nisan

Marmer merupakan batu alam yang mempunyai daya tarik yang luar biasa. Batuan ini menawarkan nilai ekonomis karena bahannya yang relatif mudah untuk dipotong dan juga diukir dibandingkan dengan batuan jenis lainnya. Oleh karena itu, batuan marmer banyak digunakan sebagai nisan pada makam, karena batuannya yang dapat tahan lama dan tahan terhadap cuaca apapun. Itulah kelima kegunaan dari batuan marmer. Banyaknya manfaat yang dimiliki oleh batuan ini membuat marmer sangat berguna bagi kehidupan manusia. Jika Anda tertarik untuk menggunakan batuan marmer pada interior bangunan Anda, maka Anda dapat mempercayakannya pada PT. Adiguna Masonry.

 

PT. Adiguna Masonry-Distributor Marmer Indonesia Terpercaya

PT. Adiguna Masonry adalah distributor batu alam di Indonesia, seperti batu marmer, granit, batu semi mulia yang cocok untuk rumah, gedung, dan berbagai properti lainnya. Didirikan pada tahun 1997 oleh seorang visioner yang memiliki visi menjadi pemimpin dalam industri batu (marmer/granit), PT. Adiguna Masonry kini hadir melayani masyarakat Indonesia dengan pengetahuan dan pengalaman yang tak tertandingi setelah 20 tahun produktif beroperasi di Singapura. Adapun berbagai layanan yang disediakan mencakup:

  • Manajemen proyek
  • Instalasi
  • Pengetahuan
  • Dukungan internal
  • Pembelian

Untuk informasi lebih lanjut mengenai PT. Adiguna Masonry, bisa Anda peroleh melalui website official PT. Adiguna Masonry di https://www.adigunamasonry.co.id/.