Adiguna Masonry
0812 88 999 028

Blog details

9 Keunggulan Batu Alam untuk Bangunan Rumah

27 May 2022
9 Keunggulan Batu Alam untuk Bangunan Rumah

Fasad bangunan merupakan bagian eksterior rumah yang kerap dianggap remeh. Padahal, justru fasad sangat penting untuk kesan pertama hunian Anda. 

Bagi pengunjung maupun penghuni, fasad bangunan dapat menawarkan lebih dari sekadar daya tarik visual. 

Nah, salah satu material yang cocok untuk fasad bagunan atau cladding adalah batu alam. 

Selain menimbulkan kesan mewah dan elegan, keunggulan batu alam juga bisa jadi solusi paling ekologis dengan banyak manfaat untuk fasad hunian Anda. 

Mau tahu apa saja keunggulan batu alam untuk fasad bangunan? Jangan lewatkan informasi menarik di bawah ini!

1. Membuat Fasad Hunian Anda Jadi Lebih Tahan Lama dan Awet

Batu alam umumnya memiliki karakteristik yang tahan lama bahkan tahan terhadap api. Masing-masing jenis batu alam menawarkan daya tahan yang berbeda. 

Bahkan pembangunan fasad dari batu alam yang dilakukan dengan baik bertahan bertahun-tahun. Selain itu, batu alam juga lebih minim perawatan. 

Tidak perlu cat maupun pemasangan dinding yang mahal. 

Dan lagi, batu alam tidak mudah melengkung, membengkak, bengkok, pecah, atau penyok, sehingga menjadikannya pilihan yang bagus untuk membangun fasad. 

Batu alam juga dapat digunakan di area rumah yang mudah lapuk dan ditumbuhi lumut, seperti dinding luar, lantai kamar mandi, dan lain-lain.

Itu  karena batu alam tidak mudah terpengaruh oleh angin, hujan, hujan es, hujan es, atau salju.

Dengan melindungi fasad Anda dari cuaca ekstrim dan kondisi yang lembab, maka bagian luar hunian Anda dapat bertahan lebih lama hingga bertahun-tahun.

2. Tahan Terhadap Kondisi Cuaca Ekstrim

Selain membuat bangunan Anda jadi tampak lebih menarik, material batu alam juga dapat membantu memberikan perlindungan yang optimal ke rumah Anda. 

Itu karena batu alam umumnya mengandung bahan alami seperti silikat dan kalsium yang ideal untuk perlindungan efektif terhadap kondisi cuaca ekstrem. 

Dijamin bagian dalam rumah Anda jadi lebih adem karena hunian Anda mendapat perlindungan terhadap suhu panas ekstrim di luar.

3. Meningkatkan Nilai Properti

Ini adalah salah satu keunggulan batu alam lainnya dalam pembangunan fasad. Setiap pemilik rumah tentu ingin menjual propertinya dengan harga terbaik. 

Maka dari itu, dengan menambahkan keserbagunaan, daya tahan, dan kekuatan pada fasad atau cladding, pelapisan batu membantu meningkatkan nilai properti Anda. 

Batu alam dapat menambahkan tampilan klasik sekaligus modern pada suatu hunian, sehingga akan meningkatkan harga properti di masa depan.

4. Lebih Hemat Listrik

Mengapa penghematan listrik bisa jadi keunggulan batu alam untuk membangun fasad? 

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya bahwa penggunaan batu alam dapat membuat melindungi rumah Anda dari cuaca panas maupun dingin yang ekstrim.

Batu alam juga lebih ramah lingkungan karena massa termal batu yang besar membuat suhu di dalam maupun luar ruangan lebih stabil. 

Massa termal pada batu alam akan menyerap energi panas ketika lingkungan lebih tinggi suhunya daripada massa.

Dengan demikian, Anda dan penghuni rumah bisa tetap merasa hangat di cuaca yang dingin, begitu pula sebaliknya.

Artinya, penghuni rumah Anda jadi tidak mudah gerah ataupun kedinginan, sehingga ketergantungan pada peralatan listrik pun bisa berkurang. 

Hal ini pada akhirnya membantu Anda sebagai pemilik rumah untuk melakukan penghematan yang signifikan.

5. Pemasangan dan Perawatannya Mudah

Salah satu keuntungan utama menggunakan fasad batu alam adalah kemudahan dalam pemasangannya. 

Batu alam biasanya dipotong menjadi lempengan. Apalagi kini tepi setiap slab semakin presisi yang memungkinkan instalasinya jadi lebih mudah dan tampilannya lebih rapi. 

Misalnya batu alam seperti marmer atau granit yang tersedia dalam lembaran yang lebih besar. 

Meskipun harganya relatif lebih mahal, pemasangannya pun bisa jadi lebih cepat selesai. 

Tentu saja ini bisa membantu Anda dalam menghemat waktu, tenaga, dan biaya yang dibutuhkan untuk instalasi.

Selain itu, panel batu alam juga dilengkapi dengan elemen sudut yang saling mengunci dan lapisan penutup yang sama untuk membantu mencapai hasil akhir yang diinginkan.

Perawatan yang mudah adalah manfaat utama lain dari penggunaan batu alam untuk fasad bangunan. 

Dengan umur penggunaan yang panjang, daya tahan, dan sifat tahan cuaca, menjadikan material ini cukup mudah untuk dirawat. 

Cukup menggunakan air biasa, Anda bisa dengan mudah menghilangkan noda dan kotoran yang menempel pada material batu. 

Sedangkan untuk mengembalikan kilau batu, Anda cukup gunakan larutan deterjen biasa dan mengusapkannya ke bagian yang terkena noda atau kotoran. 

6. Banyak Pilihan yang Bisa Anda Sesuaikan 

Di antara semua keunggulan batu alam untuk fasad bangunan, opsi penyesuaian adalah alasan utama dibalik popularitasnya yang semakin meningkat. 

Dengan banyak pilihan gaya dan finishing yang tersedia di pasaran, Anda dapat dengan mudah menyesuaikannya dan menambahkan sentuhan unik sesuai selera Anda. 

Misalnya gaya linier, efek 3D, atau pola lainnya, Anda dapat dengan mudah menyesuaikannya. 

Kelebihan inilah yang membuat material batu alam sangat recommended untuk membangun fasad rumah Anda dan membuatnya jadi terlihat makin estetik dan modern.

7. Membuat Permukaan Fasad Jadi Lebih Unik

Penggunaan batu alam di dinding tunggal atau fasad bangunan keseluruhan bisa jadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin mentransformasi permukaan dinding hunian jadi lebih beda. 

Material ini adalah bisa jadi alternatif solusi yang patut untuk dipertimbangkan jika Anda berkeinginan untuk merenovasi rumah.

Batu alam pada fasad juga berfungsi ganda sebagai fitur mewah dan elegan yang layak untuk diinvestasikan karena dapat meningkatkan daya tarik rumah Anda.

8. Material yang Serbaguna

Keunggulan batu alam untuk fasad selanjutnya adalah keserbagunaannya, yakni bisa diaplikasikan pada interior maupun eksterior rumah Anda.

Untuk interior, batu alam sangat cocok untuk perapian, dinding kamar mandi, atau untuk membuat divisi visual di ruang terbuka

Sedangkan untuk eksterior, batu alam digunakan untuk menambah daya tarik pada fasad bangunan. 

Apa lagi jika Anda menambahkan lapisan dan tekstur ke dapur luar ruangan, di sepanjang sisi kolam, atau di dinding gerbang rumah.

9. Membuat Tampilan Rumah Jadi Lebih Estetik

Sebagaimana yang tadi telah dijelaskan bahwa batu alam menawarkan sejarah keindahan dan keistimewaannya tersendiri.

Keistimewaan tersebut terealisasi ke dalam berbagai warna dan tekstur yang dapat dipasang di berbagai pengaturan. 

Mulai dari perapian, dinding, hingga fasad eksterior ruang, dinding gerbang.

Selain bisa mendapatkan permukaan yang kokoh secara struktural, beragam pilihan warna dan tekstur batu alam akan mampu membuat hunian Anda tampak lebih estetik.

Apalagi material ini mampu dipadupadankan dengan jenis bahan lain, mulai dari kayu hingga  aluminium.

Nah, itulah penjelasan terkait beberapa keunggulan batu alam untuk fasad rumah yang patut untuk Anda pertimbangkan. 

Jika Anda ingin menggunakan batu alam sebagai bagian dari bangunan rumah, Anda bisa menghubungi kami PT. Adiguna Masonry

PT. Adiguna Masonry sebagai supplier batu alam di Indonesia menyediakan berbagai jenis produk dan jasa pemasangan sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Cek produk apa saja yang kami tawarkan di sini dan jangan ragu untuk menghubungi kami jika Anda memiliki pertanyaan lain.

Dengan membaca artikel di atas, semoga Anda tidak ragu-ragu lagi untuk memilih batu alam sebagai material yang ideal untuk membangun fasad rumah Anda.