Adiguna Masonry
0812 88 999 028

Blog details

Aplikasi Marmer, Siap Tampilkan Arsitektur Lebih Unik dan Menarik!

23 Dec 2021
Aplikasi Marmer, Siap Tampilkan Arsitektur Lebih Unik dan Menarik!

Batu alam banyak dimanfaatkan dalam berbagai bidang, salah satunya arsitektur. Salah satu jenis batu yang banyak digunakan yaitu marmer. Aplikasi marmer pada bidang arsitektur mampu meningkatkan nilai estetika yang tinggi. Selain itu, akan berpengaruh pada nilai jualnya yang semakin tinggi. 

Selain itu, banyak keunggulan lainnya yang dapat dimanfaatkan dari batu marmer, apa saja itu? Yuk, Simak penjelasannya!

Sekilas Tentang Batu Marmer

Keberadaan batu marmer tentunya bukanlah hal baru, terutama untuk Anda yang menggeluti bidang arsitek. 

Batu marmer termasuk jenis batu alam yang masih langka, tidak heran dibanderol dengan harga yang tinggi. 

Batu marmer bisa diterapkan secara interior maupun eksterior. Sifatnya yang mudah dibentuk membuat batu marmer banyak diminati. 

Selain itu, tampilan suatu arsitektur pun semakin menawan dan terkesan mewah.

Asal batu marmer yakni bermula dari proses mengkristalnya batuan kapur yang menghasilakn suatu corak unik dalam pembentukannya yang khas. 

Corak unik inilah yang menjadi daya tarik batu marmer sehingga dijadikan bahan dasar suatu interior maupun eksterior. 

Jenis batu alam yang satu ini memiliki karakteristik yang khas. Di antara ciri-cirinya yakni memiliki struktur halus agak kasar, strukturnya terlihat kompak, serta mengandung mineral kalsit dan minor. 

Batu marmer memiliki jenis yang beragam, mulai dari budidaya hingga limestone. Adapun nilai komersilnya cukup tinggi, bergantung pada tekstur serta batu marmer yang dipilih. 

Apa Saja Kelebihan dari Penggunaan atau Aplikasi Batu Marmer?

Aplikasi marmer dalam bidang arsitektur memiliki kelebihan dan kekurangan. 

Dua aspek ini bisa dijadikan pertimbangan untuk Anda sebelum menggunakan batu marmer sebagai material utama suatu bangunan.

Adapun di antara kelebihan dan kekurangannya adalah sebagai berikut:

1. Proses Perawatan Mudah

Marmer termasuk jenis batu alam yang berkarakter kuat. Tidak heran, marmer bisa bertahan dalam berbagai jenis cuaca. 

Di samping itu, perawatan marmer sangatlah mudah, sehingga Anda pun tidak akan mengalami kesulitan. 

Marmer senantiasa tampil menawan terhindar dari kekusaman. Selain itu, akan tampak berkilau terutama jika dibersihkan setiap hari. 

Untuk membersihkannya pun tidak membutuhkan perawatan khusus yang merepotkan.

2. Daya Tahan Kuat

Batu marmer bisa bertahan dalam berbagai kondisi. Baik musim panas, hujan, atau pun suhu dingin sekali pun tetap kokoh. 

Hal inilah yang membuat batu marmer menjadi primadona di antara banyak orang. Kualitas marmer tetap bisa bertahan meskipun tiap harinya cuaca berganti. 

3. Terhindar dari Goresan

Tidak hanya kuat dengan cuaca, bahkan marmer bisa tahan terhadap goresan. Tekstur yang dimiliki marmer tidak akan mudah tergores. 

Hal inilah yang membuat marmer cocok digunakan untuk berbagai furniture atau pun interior suatu bangunan.  Senantiasa tampil dengan mengkilap dan tidak akan dengan mudah mengalami kepudaran.

4. Corak Bervarian 

Kelebihan lainnya yang dimiliki marmer yakni memiliki corak bervarian. Anda pun akan lebih banyak memiliki pilihan dan terhindar dari rasa bosan. 

Corak yang dipilih bisa disesuaikan dengan tema yang diusung sebuah bangunan. Anda bisa memilih corak yang paling cocok, mulai dari yang bening hingga yang berkilauan. 

Dengan kelebihan-kelebihan di atas, marmer mampu menarik perhatian banyak orang. Hingga kini marmer banyak diaplikasikan dalam berbagai dekorasi.

Namun, di balik kelebihan tersebut, marmer memiliki kekurangan. 

Marmer salah satu jenis batu alam yang dibanderol dengan harga tinggi alias mahal. Jadi, untuk bisa menikmati rumah hunian berbalut marmer tentunya dibutuhkan modal yang cukup besar. 

Selain itu, kekurangan lainnya marmer memiliki permukaan yang licin, jadi Anda harus hati-hati agar tidak tergelincir. 

Beberapa Aplikasi Marmer dalam Kehidupan Sehari-Hari

Seperti yang disinggung sebelumnya, batu marmer cukup banyak diminati dalam bidang arsitektur. 

Anda bisa mengaplikasikannya dalam berbagai bidang interior maupun eksterior. Dengan kelebihannya yang dimiliki, batu marker banyak diaplikasikan pada  berbagai dekorasi, diantaranya:

1. Bahan Baku Furniture

Aplikasi batu marmer dalam furniture tentunya bukanlah hal asing lagi. Pasalnya, hingga kini banyak bangunan yang dilengkapi dengan furniture berbahan marmer. 

Dalam mengaplikasikannya, Anda bisa menyesuaikan dengan interior rumah hunian. Hal ini dilakukan guna mewujudkan keserasian yang tampak bagus.

Furniture yang bisa diaplikasikan marmer berupa meja, kursi, outdoor kitchen dan sebagainya. Nikmati suasana yang terkesan mewah dan elegan. Anda pun akan lebih nyaman tinggal di rumah. 

2. Material Batu Nisan

Tidak sedikit batu nisan yang menggunakan marmer sebagai material utama. Jenis batu alam yang satu ini sangat mudah untuk dibentuk. 

Keunikan coraknya pun akan meningkatkan estetika yang tinggi. Selain itu, sangat cocok digunakan batu nisan karena bisa bertahan dari cuaca panas maupun hujan. Sehingga lebih awet dan tahan lama untuk digunakan.  

3. Dekorasi Dapur

Tampilan dapur dengan nuansa mewah, Anda bisa menggunakan batuan marmer bercorak khas. Marmer yang cocok digunakan yakni jenis netral atau berwarna putih. 

Daya tahan yang kuat membuat marmer sangat cocok untuk dijadikan alas untuk kegiatan memasak Anda. Selain itu, sangat tahan terhadap panas, sehingga menunjang kenyamanan Anda menggunakannya. 

4. Headboard 

Untuk aplikasi marmer lainnya bisa diterapkan pada bagian headboard di kamar tidur Anda.

Corak dan warna bisa disesuaikan dengan desain kamar tidur, sehingga tampak selaras. Mayoritas banyak yang menggunakan marmer berwarna putih untuk menampilkan kamar tidur yang lebih terang.

5. Interior Kamar Mandi

Anda juga bisa mengaplikasikan marmer pada bagian lantai dan dinding kamar mandi. Untuk bisa menciptakan kesan yang lebih unik, Anda bisa mengkombinasikannya dengan material lain, seperti kayu. 

Kamar mandi pun akan tampak lebih indah dan terkesan mewah. Ketahanannya yang baik terhadap air sangat cocok untuk diaplikasikan di kamar mandi.

6. Aplikasi Marmer untuk Dekorasi Area Outdoor

Aplikasi lainnya bisa Anda terapkan pada area outdoor yang terdapat di rumah hunian Anda. Salah satunya diaplikasikan pada kolam renang yang sangat tahan terhadap berbagai cuaca. 

Selain itu, tampilan kolam renang pun akan tampak indah dan menawan. Anda bisa menerapkan marmer di bagian dinding luar atau pun bagian lainnya. 

7. Ornamen

Alternatif lainnya, Anda bisa mengaplikasikan marmer pada bagian ornamen pada sebuah rumah. Untuk para pecinta seni,  keberadaan ornamen tentunya sangat penting guna menghiasi rumah. Jenis ornamen bermaterial marmer bisa berupa patung dan semacamnya. 

8. Aplikasi Marmer Sebagai Hiasan Rumah

Coraknya yang indah dan unik, marmer banyak digunakan sebagai hiasan di dalam rumah. Inilah daya tarik yang dimiliki batu alam marmer. 

Marmer banyak diterapkan dalam berbagai kontsruksi bagunan yang berfungsi memperhias rumah semakin indah. Penerapannya banyak dilakukan pada bagian tangga, dinding, dan semacamnya. 

Pasang Marmer untuk Desain Eksterior Rumah dengan Adiguna Masonry

Demikianlah ulasan terkait aplikasi marmer dalam berbagai dekorasi rumah. Anda bisa menerapkannya sesuai dengan tema rumah, sehingga tampak lebih senada. 

Ingin mencari marmer yang cocok untuk desain eksterior rumah Anda? Konsultasikan langsung ke Adiguna Masonry. 

Kami adalah perusahaan marmer di Indonesia yang telah berpengalaman menangani proyek-proyek pemasangan batu alami.

Banyak pilihan corak dengan warna yang beragam yang bisa dijadikan pilihan.

Cek langsung produk marmer yang kami tawarkan atau hubungi kami untuk info lebih lanjut. 

Semoga beragam aplikasi marmer di atas bisa menginspirasi Anda.