Adiguna Masonry
0812 88 999 028

Blog details

Cara Menghilangkan Bekas Goresan pada Lantai Granit

23 Nov 2021
Cara Menghilangkan Bekas Goresan  pada Lantai Granit

Penggunaan lantai berbahan dasar marmer atau granit memang tengah digemari. Selain memberi suasana sejuk, lantai granit juga menambah kesan mewah pada rumah.

Beragam corak atau motif granit dapat diaplikasikan mulai dari ruang tamu hingga kamar mandi.

Tidak heran jika penggunaannya menambah estetika hunian dan memberi kenyamanan bagi penghuni.

Dengan harga yang terbilang mahal, tentu harus dirawat untuk menjaga keawetan dan kecantikannya.

Untuk menghilangkan noda memang cukup mudah, tetapi bagaimana jika terdapat bekas goresan.

Untuk itulah kami akan berikan langkah menghilangkan bekas goresan pada lantai granit Anda. Dengan begitu keindahan dan kualitasnya  akan tetap terjaga.

Langkah-langkah Menghilangkan Bekas Goresan pada Lantai Granit

Salah satu kelemahan dari lantai berbahan granit adalah amat sensitif terhadap goresan.

Untuk itu, Anda harus segera mengatasinya agar tidak makin parah dan merusak kualitasnya.

Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bekas goresan pada lantai granit diantaranya adalah:

1. Membersihkan Permukaan Lantai Granit

Hal pertama begitu Anda melihat ada bekas goresan pada lantai granit adalah membersihkan permukaan lantai dan juga celah goresan tersebut, baik dari kotoran kering maupun noda, termasuk juga kelebihan coating granit.

Untuk membersihkan coating berlebih bisa menggunakan wax stripper.

Tujuan pembersihan ini adalah mencegah goresan menyerap noda seperti tumpahan kopi yang akhirnya menimbulkan flek dan juga kotoran lain yang bisa memperparah kondisi goresan tersebut.

2. Penambalan

Usai dibersihkan, Anda bisa lanjut menambal goresan tersebut. Bisa menggunakan resin, katalis maupun pewarna untuk mengisi goresan pada granit.

Oleh sebab itu, gunakan bahan penambal dengan warna yang semirip mungkin dengan lantai granit Anda. Tujuannya adalah menyamarkan goresan yang ada.

3. Grinding

Langkah selanjutnya adalah meratakan tambalan yang sudah kering. Anda bisa menggunakan diamond disk dengan ukuran agak besar juga kasar untuk tahap awal.

Setelah tambalan dirasa sudah cukup halus, kembali ratakan dengan diamond disk tetapi dengan ukuran lebih kecil dan halus.

Pastikan hasil tambalan pada goresan lantai granit benar-benar rata. Untuk mengeceknya, Anda bisa menggerakkan koin di atasnya.

4. Pewarnaan Pada Tambalan Goresan Lantai Granit

Proses berikutnya adalah melakukan pewarnaan pada tambalan yang sudah dihaluskan. Hal ini hanya perlu dilakukan apabila tambalan tidak cukup menyamarkan goresan.

Namun apabila tambalan sudah cukup menyamarkan dengan warna yang nyaris serupa atau bahkan sama dengan lantai granit Anda, maka tahap ini bisa dilewati saja.

5. Proses Kristalisasi

Proses ini dilakukan untuk mengembalikan tampilan lantai granit jadi mengkilap dan berkilau seperti sedia kala.

Anda membutuhkan serbuk kristal untuk proses ini. Taburkan serbuk kristal ke permukaan lantai granit yang sudah melalui proses grinding.

Taburkan secukupnya tidak usah terlalu banyak. Selanjutnya percikan air sedikit-demi sedikit ke atas lantai yang sudah ditaburi serbuk kristal sebelumnya.

Lanjutkan dengan menggilas secara merata lantai yang sudah ditaburi serbuk kristal dan dibasahi air menggunakan mesin buffing dengan diamond pad ukuran 2000.

Lakukan proses ini secara perlahan dan pastikan merata hingga permukaan lantai terlihat mengkilap seperti baru.

6. Coating

Sebagai tahap akhir, Anda bisa melakukan coating pada lantai granit. Selain untuk melapisi lantai granit agar kilapnya lebih cantik juga melindungi dari noda maupun kotoran lainnya.

Umumnya bahan coating khusus granit berbahan menyerupai krim. Oleskan krim pada permukaan granit hingga merata dan diamkan antara 30-60 menit.

Dengan begitu bahan coating akan benar-benar meresap hingga ke pori-pori granit. Setelah kering, Anda bisa ratakan kembali permukaan lantai dengan mesin buffing yang sudah dipasangi steel wool.

Nah, cukup mudah bukan cara menghilangkan bekas goresan pada lantai granit Anda.

Jika merasa kesusahan atau tidak memiliki peralatannya, maka Anda bisa gunakan jasa perawatan granit profesional saja.

Dengan begitu lantai granit terjaga keindahan dan kualitasnya. Hunian Anda juga tetap cantik, elegan dan juga nyaman.

Jika kerusakan sudah parah dan Anda harus menggantinya, Adiguna Masonry sebagai distributor granit di Jakarta dapat membantu Anda dalam menyediakan produk granit yang berkualitas dan pemasangan. 

Setelah beroperasi selama lebih dari 20 tahun lamanya, kami telah dipercaya menangani proyek residensial. 

Konsultasikan kebutuhan Anda dan dapatkan penawaran terbaik dengan menghubungi tim kami sekarang.