Adiguna Masonry
0812 88 999 028

Blog details

Cara Merawat Meja Dapur Granit Anda

22 Dec 2021
Cara Merawat Meja Dapur Granit Anda

Granit telah lama menjadi pilihan favorit untuk countertops karena keindahan dan kemudahan perawatannya. Granit adalah bahan yang tahan lama, tetapi seperti semua permukaan, granit membutuhkan perawatan rutin. Berikut ini adalah cara terbaik merawat meja granit.

Mengapa Memilih Granit?

Granit adalah salah satu batu yang dapat Anda gunakan di rumah Anda yang paling mudah untuk dirawat. Sebagian besar restorasi granit adalah untuk countertops yang berusia 10 hingga 15 tahun, ketika itu telah menjadi kusam di sekitar wastafel dan area kerja. Jika tidak, meja granit membutuhkan perawatan yang sangat sedikit. Granit juga adalah pilihan yang baik untuk meja dapur karena tidak sensitif terhadap asam rumah tangga yang paling umum. Jika Anda memiliki granit yang dipoles, sangat sulit untuk kehilangan kilaunya.

Perawatan harian

Anda harus rutin menyeka meja granit setiap hari dengan pembersih netral. Itu saja yang dibutuhkan. Anda tidak perlu menggunakan sabun yang keras karena tidak ada yang menempel pada granit; itu permukaan yang halus. Penting untuk membaca label—sebagian besar merek pembersih membuat versi yang aman untuk permukaan batu. Pembersih batu alam yang dibuat untuk penggunaan sehari-hari tidak boleh meninggalkan residu pada batu, itu penting. Menggunakan sabun cuci piring untuk membersihkan meja granit sangat tidak direkomendasikan. Sabun memiliki asam lemak yang meninggalkan lapisan berminyak, yang dapat membuat kusam atau meninggalkan goresan pada permukaan batu. Namun, Anda tidak akan mendapatkannya dengan pembersih harian yang tepat. Tindakan pencegahan sederhana bisa sangat membantu dalam melindungi meja granit. Pastikan untuk menggunakan talenan, trivet, dan rak. Anda juga harus membersihkan tumpahan dan kelembapan sesegera mungkin. Jika Anda memiliki botol cairan pembersih, seperti sabun cuci piring, simpanlah di tempat yang aman. Keringkan bawah rak piring secara teratur, dan gunakan tatakan gelas dengan gelas. Jika Anda tidak meluangkan waktu untuk menyeka air di sekitar keran dan perlengkapan setiap hari, Anda akan melihat air mulai mengapur, berubah menjadi putih. Jika Anda membiarkannya, Anda akan membutuhkan restorasi batu, tetapi itu bisa dibersihkan menggunakan pembersih netral seminggu sekali untuk mengatasi penumpukan.

Pemeliharaan tahunan

Anda harus menyegel sebagian besar granit, tetapi jangka waktunya dapat bervariasi tergantung pada penggunaan dan sealer mana yang diterapkan. Dapur adalah jantung rumah dan digunakan setiap hari, dan kamar mandi memiliki paparan air harian yang konstan. Segel kembali countertops ini menggunakan penetrating sealer. Ini memberikan ketahanan air, minyak, dan lemak yang baik. Sealer penetrasi (atau impregnasi) bekerja tepat di bawah permukaan batu untuk memberikan perlindungan tambahan terhadap noda. Periksa rekomendasi produsen tentang bagaimana produk harus diterapkan. Biasanya semudah menyemprotkan produk dan kemudian menyeka kelebihannya. Adapun untuk mengidentifikasi kapan saatnya untuk menyegel kembali, Anda bisa meletakkan sedikit air panas di suatu area, diamkan selama 10 hingga 20 menit, lalu bersihkan. Jika batu menjadi gelap, itu masih menyerap kelembapan. Jika tidak, itu tersegel. Alasan air panas digunakan adalah karena molekulnya lebih kecil. Namun, tidak setiap batu itu sama. Ada beberapa yang lebih keropos daripada yang lain. Beberapa granit, seperti Absolute Black, mungkin tidak memerlukan penyegelan, atau hanya membutuhkan satu aplikasi sealer. Granit lain, seperti Juparana Columbo, mungkin memerlukan empat hingga enam aplikasi untuk disegel dengan benar. Sealer yang baik dapat bertahan hingga 10 tahun jika menggunakan produk yang tepat untuk membersihkan setiap hari. Hal ini dikarenakan yang akan merusak sealer selain oksidasi dari sinar matahari dan udara adalah penggunaan pembersih yang tidak tepat. Granit adalah produk meja yang hebat. Jika Anda merawatnya, itu akan bertahan lama.

Itulah cara terbaik merawat meja granit. Nah, bagi Anda yang sedang mencari produk batu granit berkualitas untuk dijadikan berbagai hal, maka Anda dapat mempercayakannya pada PT. Adiguna Masonry.

PT. Adiguna Masonry-Distributor Granit Indonesia Terpercaya

PT. Adiguna Masonry adalah distributor batu alam di Indonesia, seperti batu marmer, granit, batu semi mulia yang cocok untuk rumah, gedung, dan berbagai properti lainnya. Didirikan pada tahun 1997 oleh seorang visioner yang memiliki visi menjadi pemimpin dalam industri batu (marmer/granit), PT. Adiguna Masonry kini hadir melayani masyarakat Indonesia dengan pengetahuan dan pengalaman yang tak tertandingi setelah 20 tahun produktif beroperasi di Singapura. Adapun berbagai layanan yang disediakan mencakup:

  • Manajemen proyek
  • Instalasi
  • Pengetahuan
  • Dukungan internal
  • Pembelian

Untuk informasi lebih lanjut mengenai PT. Adiguna Masonry, bisa Anda peroleh melalui website official PT. Adiguna Masonry di https://www.adigunamasonry.co.id/.