Adiguna Masonry
0812 88 999 028

Blog details

Cara Perusahaan Marmer di Indonesia Membedakan Granit dan Marmer

16 Aug 2021
Cara Perusahaan Marmer di Indonesia Membedakan Granit dan Marmer

Kerap keliru  pengaplikasian antara marmer dan granit sebagai material utama penutup lantai dan dinding sebuah bangunan, pada artikel kali ini akan membahas lebih mendalam perbedaan batu marmer dan batu granit. Penggunaan kedua batu ala mini memberikan kesan terpenting dalam kecantikan rumah seperti menambah nilai kemewahan, meningkatkan kesan elegan hingga kemilau pada lantai ataupun dinding.  Daya tahan material ini sangat baik, tahan lama, mudah dibersihkan sehinnga tidak bisa dipungkiri harga beli marmer dan granit cukup mahal. Sebelum menentukan mana batuan yang lebih cocok secara estetika, cara pemasangan hingga fungsi, sebaiknya tinjau kembali kelebihan serta kekurangan yang dimiliki.

Batu Granit

Batu jenis ini termasuk dalam batuan intrusif atau batuan beku yang mengkristal dari sebuah magma di bawah permukaan laut bumi yang kerap di namai sebagai granit Indonesia karena memiliki tekstur keras, berbintik dan banyak ditemukan di seluruh wilayah Indonesia sehingga ramai digunakan sebagai lantai dan ornamen dinding bangunan dengan kepasatan 2 hingga 3 gram per centimeter kubik.

Batu Marmer

Batu marmer merupakan hasil dari pengkristalan alami atau melalui proses pengerasan sedimen yang mengalami penekanan, dan sebagian besar berwarna putih karena mengandung mineral sehingga memiliki tekstur sangat halus.  Proses kritalisasi yang terjadi membuat daya tahan batu alami ini sangat baik sehingga cocok untuk dijadikan sebagai bahan bangunan lantai. Tak heran daya tahannya yang bisa mencapai 60 tahun menjadi salah satu batuan paling diminati walaupun memiliki harga jual yang mahal.

Perbedaan Yang Dimiliki

Batu granit merupakan batuan beku yang terbentuk dari pendinginnan magma dan sangat tahan lama karena pori-pori yang kecil, perawatannya sangat mudah dengan melakukan pelapisan kembali 2 tahun sekali agar lebih awet digunakan pada meha dapur hingga kamar mandi. Sedangkan batu marmer merupakan hasil metamorfosil yang terbentuk, dari kristalisasi dengan tekstur pori yang besar yang tidak tahan terhadap asam sehingga mudah tergores dan kerap digunakan pada lantai serta dinding.

Untuk lebih lengkap mengenai harga dan mana saja yang cocok dengan bangunan atau hunian Anda, sebaiknya hubungi kami agar bisa membahas lebih jauh. Jangan sampai salah memilih material bangunan. Tanyakan pada ahlinya.