Adiguna Masonry
0817 7091 1527

Blog details

Inspirasi Home Office Idaman agar Bekerja di Rumah Tetap Nyaman

08 Jan 2022
Inspirasi Home Office Idaman agar Bekerja di Rumah Tetap Nyaman

Semenjak pandemi, berbagai aktivitas terpaksa dibatasi bahkan berhenti. Kebijakan pemerintah untuk menerapkan sekolah daring dan Work From Home (WFH) pada akhirnya membuat kita harus menyediakan spot sebagai home office di rumah.

Dalam menentukan spot yang 'zoomable' serta nyaman untuk Anda bekerja, tentu harus melalui berbagai pertimbangan.

Seperti pencahayaan, ketenangan, juga dekorasi yang akan membantu menjadi moodbooster agar tetap fokus dan termotivasi.

Nah, untuk itu kami hadirkan tips desain interior home office, yang mungkin bisa menginspirasi Anda dalam menata ruang kerja.

5 Inspirasi Interior Home Office yang Cozy

Bekerja dari rumah memberikan tantangan tersendiri dan cukup sulit untuk dihadapi oleh sebagian orang.

Sebab ketika pekerjaan terpaksa dipindahkan ke rumah, diakui ataupun tidak fokus pada pekerjaan tidak semaksimal ketika berada di kantor.

Distraksi pada pekerjaan rumah, terlebih bagi Anda yang memiliki anak-anak usia balita sudah pasti konsentrasi lebih sering terpecah.

Belum lagi kendala-kendala lain seperti tidak adanya ruang kerja yang memadai dan masih banyak lagi.

Hal ini tentu sangat mempengaruhi produktivitas Anda dalam bekerja. Sebagai solusinya, Anda bisa coba menerapkan beberapa inspirasi kantor rumahan berikut ini.

Selain dapat meningkatkan produktivitas serta konsentrasi, kantor rumahan yang cozy bisa menyempurnakan hunian Anda menjadi lebih cantik dan multifungsi.

1. Posisi yang Tepat

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan kantor rumahan Anda di tempat atau posisi yang tepat.

Jika ruangan di rumah masih ada yang tersisa, bisa Anda gunakan apabila tepat posisinya. Seperti misalnya, tidak menghadap langsung ke jalanan dan memiliki ventilasi yang memadai.

Namun jika tidak ada ruang lebih, Anda bisa menggunakan spot yang ada di rumah, tetapi hindari lokasi yang berdekatan dengan pusat aktivitas keluarga Anda.

Contohnya seperti, ruang makan ataupun ruang keluarga dan juga dapur. Anda bisa jadikan sudut di ruang tamu yang jarang tersentuh, atau bisa juga di salah satu sudut kamar.

Namun jangan coba membawa pekerjaan ke atas ranjang. Sebab bisa dipastikan, jika semangat bekerja akan lebih mudah berkurang dan justru ingin bermalas-malasan.

2. Cukup Pencahayaan dan Terhindar dari Kebisingan

Salah satu hal yang penting untuk diperhatikan dalam mempersiapkan home office yaitu, ruangan atau tempat tersebut memiliki pencahayaan yang cukup.

Pencahayaan alami dari matahari, akan memberikan energi positif, perasaan rileks serta lebih bersemangat lagi. Hal ini penting untuk meningkatkan produktivitas dan mempertahankan konsentrasi.

Sementara pencahayaan lampu juga harus memadai. Sebab lampu yang kurang terang, akan menyebabkan mata Anda cepat lelah. Dengan begitu performa kerja pun akan menurun.

Dalam hal menghindari kebisingan, ini diperlukan untuk memudahkan Anda ketika harus melakukan koordinasi.

Seperti kita ketahui, dalam konsep WFH ini koordinasi dilakukan secara virtual via Zoom ataupun Google Meet. Tentu Anda akan sangat terganggu jika harus meeting di tengah suasana bising.

Baik kebisingan yang berasal dari luar rumah, seperti lalu lalang kendaraan, ataupun kebisingan di dalam rumah, seperti suara anak-anak, televisi atau kegiatan masak memasak di dapur.

Jadi, pastikan kantor rumahan Anda berada di wilayah 'aman' dari kebisingan dan cukup pencahayaan.

Bisa di sudut ruang tamu, sudut kamar pribadi, serambi belakang, balkon atau ruang khusus kantor rumahan permanen Anda.

3. Ukuran yang Sesuai

Selain tempat dan pencahayaan, ukuran home office juga harus dipertimbangkan.

Boleh mengusung konsep minimalis, tapi bukan berarti harus sempit. Sebab ukuran tempat kerja yang tidak sesuai, tentu akan membuat tidak nyaman dalam menyelesaikan pekerjaan.

Anda bisa memanfaatkan kabinet sebagai meja kerja dan menyimpan berkas penting di bagian laci-lacinya.

Selain lebih minimalis, umumnya kabinet diletakkan di sudut atau menjadi pembatas ruangan yang artinya cukup lega untuk dijadikan tempat kerja Anda.

4. Dekorasi yang Unik

Hal penting lain untuk diperhatikan dalam menyiapkan home office adalah dekorasinya. Selain mempercantik ruangan, juga bisa menjadi sumber mood booster ketika Anda mulai letih dan bosan.

Tanaman adalah salah satu utem dekorasi yang kami rekomendasikan. Selain memberi kesejukan, juga memberi efek menenangkan dan menyegarkan.

Anda bisa pilih beberapa jenis tanaman yang aman dan cocok untuk ditempatkan di dalam ruangan. Misalnya sri rejeki, kemuning dan lain sebagainya.

Selain tanaman, jika Anda memiliki jiwa seni yang cukup tinggi, lukisan atau beberapa pajangan artistik bisa melengkapi dekorasi kantor rumahan Anda.

Memajang hal-hal yang menjadi minat Anda, selain menambah nilai estetika juga bisa menambah semangat serta mengembalikan mood saat bekerja.

Sofa dan juga bantal unik yang masih satu konsep dengan home office, juga bisa menambah kenyamanan sekaligus keindahan tata ruang kerja Anda.

Anda bisa bersantai melepas penat sejenak di atas sofa sembari me-recharge semangat agar pekerjaan bisa selesai dan Anda bisa segera bersantai.

5. Permainan Warna dan Material

Warna dan juga material dari berbagai pernak-pernik pendukung home office juga bisa mempengaruhi konsentrasi serta semangat dalam bekerja, lho!

Oleh sebab itu, pastikan Anda mengusung konsep dengan didukung warna serta material perabotan ataupun dekorasi yang serasi dan tepat.

Untuk kenyamanan, motivasi serta konsentrasi yang tetap terjaga dengan baik selama bekerja dari rumah, kami menyarankan penggunaan elemen kayu dan warna hangat.

Selain kayu yang bersifat sebagai penyeimbang, Anda juga bisa menggunakan pernak pernik bermaterial marmer.

Selain memberi kesan mewah dan elegan, marmer juga bisa memberi efek sejuk pada ruangan.

Dengan begitu Anda bisa menghabiskan waktu di ruang kerja tanpa khawatir kepanasan dan bisa tetap semangat, meski udara di luar tengah terik menyengat.

Baik kayu maupun marmer, cocok dipadukan dengan warna netral seperti putih dan juga warna hangat seperti krem, serta warna dingin seperti tosca ataupun kuning gading.

Anda bisa menerapkan warna -warna senada pada elemen pendukung seperti sofa, karpet dan barang lainnya.

Penambahan tanaman di dalam ruangan juga makin menambah efek segar serta nyaman.

Untuk mencari bahan marmer yang sesuai dengan desain home office impian Anda, kami PT. Adiguna Masonry dapat membantu Anda! 

PT. Adiguna Masonry adalah salah satu perusahaan distributor marmer di Indonesia yang telah berpengalaman selama puluhan tahun lamanya

Temukan berbagai jenis marmer dan batuan alam di halaman produk kami, atau Anda juga bisa menghubungi tim kami untuk konsultasi lebih lanjur. 

Kesimpulan

Ssemua konsep yang kami berikan untuk dijadikan inspirasi ini bisa diterapkan hanya apabila Anda memiliki ruangan untuk home office sendiri.

Dalam artian, kantor rumahan Anda terpisah dan tidak terlihat dari ruangan lain di dalam rumah.

Namun jika home office Anda menyatu dengan ruangan lain, maka pastikan untuk mengaplikasikan konsep senada dengan konsep hunian keseluruhan.

Hal ini dikarenakan, akan sangat kurang nilai estetikanya ketika dalam satu ruangan terdapat sudut yang mengusung konsep berbeda bahkan bertentangan dengan konsep keseluruhan ruangan.

Jadi, tidak masalah untuk menyisipkan home office yang indah, nyaman dan juga rapi. Bahkan memang harus begitu agar Anda bisa bekerja dari rumah tetap dengan konsentrasi tinggi.

Jangan terseret arus trend, aplikasikan dekorasi dan konsep yang sesuai kepribadian juga minat Anda. Agar setiap ruangan memberi aura positif bagi penghuninya.