Adiguna Masonry
0812 88 999 028

Blog details

Kelebihan dan Kekurangan Lantai Marmer, Pelajari Sebelum Pasang!

15 Oct 2021
Kelebihan dan Kekurangan Lantai Marmer, Pelajari Sebelum Pasang!

Banyaknya pilihan corak maupun warna menjadi kelebihan lantai marmer yang membuatnya memiliki cukup banyak peminat. Material dasarnya pun alami, sehingga teksturnya pun juga unik dan berbeda dengan lantai keramik pada umumnya.

Buat Anda pecinta marmer pasti setuju bahwa warna dan corak yang dihasilkan secara alami tersebut memberikan kesan tersendiri jika diaplikasikan sebagai lantai. Rumah pun jadi lebih elegan, mewah, dan berkelas.

Tak heran jika banyak orang yang tertarik untuk memasang lantai marmer karena keunggulan tersebut. Namun, sebelum melakukan pemasangan, sebaiknya Anda pertimbangkan mengenai apa saja kelebihan dan kekurangan dari lantai marmer.

Tanpa berlama-lama lagi, berikut ini ulasan tentang lantai marmer khusus untuk Anda!

Kelebihan Penggunaan Lantai Marmer

Hal pertama yang akan artikel ini bahas adalah mengenai sisi unggulnya. Ada beberapa keunggulan yang bisa Anda rasakan dengan menggunakan lantai marmer, di antaranya:

1. Tersedia Banyak Variasi Tampilan yang Kece

Siapa sih yang tidak terpesona saat melihat lantai rumah atau bangunan yang terbuat dari marmer? 

Coraknya yang bervariasi dan cantik, serta tekstur yang berasal dari guratan-guratan di permukaannya yang unik, menjadikannya bahan yang eksotis dan istimewa.

Dan lagi, spektrum warna yang berasal dari mineral menonjolkan kesan natural.

2. Memiliki Daya Tahan Tinggi

Kelebihan lantai marmer berikutnya adalah memiliki daya tahan yang tinggi. Itu karena selain mudah dibersihkan, bahan marmer terbentuk dari proses yang alami dan memakan waktu yang sangat lama.

Proses tersebut menjadikan lantai marmer memiliki lapisan yang keras dan tebal, sehingga cenderung lebih kuat. Kandungan mineral di dalamnya juga membuat lantai marmer jadi lebih berkilau dan anti kusam.

Cara merawatnya cukup dengan membersihkannya secara rutin tiap hari pakai campuran air dan pembersih lantai, tak perlu perawatan khusus. Dijamin lantai marmer Anda akan tahan lebih lama dan berumur panjang.

3. Mudah Diaplikasikan

Selain mudah dalam perawatan, lantai marmer juga mudah dalam pengaplikasiannya. Anda dapat memasangnya di bagian rumah mana saja yang Anda inginkan. Baik itu di teras, dapur, kamar tidur, ruang tamu, dan lain-lain.

Namun alangkah baiknya jika tidak semua ruangan dan dekorasi di dalam rumah menggunakan marmer karena jika demikian maka akan terkesan berlebihan dan tidak seimbang.
untuk menyeimbangkannya, lantai marmer juga cocok dipadupadankan dengan elemen lain, misalnya lantai kayu.

Kelemahan Penggunaan Lantai Marmer

Bukan cuma keunggulan, penggunaan lantai marmer pun juga memiliki beberapa kelemahan. Berikut ini penjelasannya:

1. Permukaannya Licin

Permukaan lantai marmer cenderung lebih licin daripada jenis bahan lain karena proses finishing-nya yang dibakar. Oleh karena itu, penggunaan lantai marmer pada kamar mandi dirasa kurang cocok, karena tidak cepat kering saat basah.

Apabila Anda tetap ingin memasangnya di kamar mandi, maka bisa dialihkan ke dinding maupun counter kamar mandi. 

2. Pemasangannya Sulit

Karena kelemahannya inilah, penggunaan lantai marmer harus sangat berhati-hati. Apalagi saat pemasangan, Anda harus teliti dan cermat, sebab Anda terpaksa harus mengganti dengan yang baru jika sembarangan dalam memasangnya.

Sebaiknya, jika Anda kurang ahli, serahkan perihal pemasangan lantai marmer pada yang lebih berpengalaman.

2. Harganya Lumayan Mahal

Bila Anda lihat dari sisi keunggulannya, maka tak heran jika harganya pun lebih mahal daripada jenis bahan yang lain. Anda harus rela merogoh kocek setidaknya tiga hingga empat kali lipat lebih banyak, jika ingin menggunakannya.

Itu karena proses produksinya yang rumit, material alami, serta coraknya yang langka di pasaran, membuat harga jualnya pun lebih tinggi. Seperti kata pepatah, ada harga tentu ada kualitas.

Ingin Memasang Lantai Marmer di Rumah Anda? Konsultasi Langsung dengan Adiguna Masonry

 

Bagi Anda yang ingin memasang lantai marmer, tidak perlu khawatir karena Anda bisa bertanya langsung kepada ahlinya. 

PT. Adiguna Masonry perusahaan marmer di Indonesia yang telah berpengalaman menjual natural stone seperti granit maupun marmer. 

Kami dapat memberikan rekomendasi terbaik bagi Anda supaya dapat memaksimalkan penggunaan batuan alam ini. 

Layanan kami termasuk manajemen proyek, instalasi, dan layanan pendukung lainnya. Silahkan lihat proyek-proyek yang telah kami kerjakan di sini

Jika masih ada pertanyaan, jangan ragu untuk menghubungi kami. 

Nah, begitulah ulasan tentang kelebihan dan kekurangan lantai marmer untuk dekorasi rumah Anda. Setiap jenis bahan untuk lantai pasti memiliki plus minus masing-masing.

Namun, itu semua tetap kembali pada kebutuhan dan selera Anda, ya.