Adiguna Masonry
0812 88 999 028

Blog details

Marmer Kotor Atau Menimbulkan Flek? Ini Dia Penyebab dan Solusinya

12 Jul 2021
Marmer  Kotor Atau Menimbulkan Flek? Ini Dia Penyebab dan Solusinya

Marmer bisa dikatakan salah satu material yang mewah untuk sebuah bangunan. Pada umumnya marmer Indonesia banyak digunakan untuk menghiasi sebuah bangunan entah untuk lantai ataupun dinding. Sayangnya, seperti material pada umumnya, marmer juga perlu perawatan agar tidak kehilangan kilaunya dan menimbulkan flek. Adapun munculnya flek pada material marmer disebabkan oleh beberapa hal. Untuk memahami lebih lanjut, berikut ini Kami paparkan berbagai penyebab dan solusi marmer timbul flek.

Penyebab Flek Muncul di Permukaan Marmer

Pada umumnya, munculnya flek di permukaan marmer disebabkan oleh material yang terkena air atau alkohol. Rumah bocor hingga tumpahan cairan yang sifatnya asam, seperti alkohol adalah musuh utama dari marmer. Salah satu contohnya, subtansi seperti air perasan lemon, jus jeruk, wine, dan cuka dapat menyebabkan permukaannya marmer yang mulus terkikis. Kikisan ini bisa menyebabkan kilau yang ditampilkan marmer menghilang. Meskipun mewah, tapi faktanya marmer bukanlah batuan yang kuat. Penggunaan sehari-hari bisa menimbulkan goresan pada permukaannya. Dan apabila terdapat noda atau kotoran yang terjebak pada marmer, itu dapat membuat goresan dan bisa menyebabkan permukaan marmer tampak kotor. Oleh karena itu, pastikan Anda merawat batuan alam ini dengan benar agar kilau marmer di rumah Anda tetap terjaga.

Solusi Menghilangkan Flek Pada Marmer

Selain air dan juga alkohol, masih ada beberapa hal yang bisa menimbulkan flek pada marmer. Seperti, minyak, karat, cat, hingga lumut. Adapun cara untuk menghilangkan fleknya, Anda harus mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Berikut ini adalah langkah yang bisa dilakukan untuk menghilangkan flek pada marmer berdasarkan penyebabnya.

  • Menghilangkan Flek karena Air

Noda flek yang diakibatkan air, solusinya cukup mudah. Anda bisa membersihkannya dengan pembersih marmer atau sabut baja Grade 000. Caranya, cukup dengan menggosokannya secara pelahan. Hal itu sudah bisa menghilangkan noda akibat air yang ada pada batuan marmer.

  • Menghilangkan Flek karena Minyak

Untuk noda flek yang diakibatkan oleh minyak, solusi menghilangkannya adalah dengan menggunakan Tapal. Tapal ini adalah kombinasi bahan yang mengandung mineral spirit. Mineral spirit atau yang biasanya dikenal juga sebagai mineral terpentin, pengganti terpentin, dan roh minyak bumi, adalah cairan bening turunan minyak bumi yang digunakan sebagai pelarut organik umum dalam lukisan. Atau bisa juga dengan menggunakan cairan yang mengandung bahan kimia, seperti pemutih, amonia, mineral spirits atau aseton.

  • Cara Menghilangkan Flek karena Material Organik

Material organik, seperti kopi dalam gelas yang diletakkan lama di atas marmer juga dapat dibersihkan dengan menggunakan tapal. Adapun tapal khusus untuk menghilangkan noda flek akibat material organik ini harus mengandung 6 persen hidrogen peroksida. Namun, Anda perlu berhati-hati saat menggunakan tapal ini pada marmer yang mempunyaiwarna gelap. Pasalnya, hidrogen peroksida bisa menyebabkan warna yang tadinya gelap menjadi cerah atau jadi luntur.

  • Noda Karat

Benda, seperti paku, sekrup, atau kaleng dari bahan seng adalah benda yang dapat menimbulkan noda jika ditinggalkan di atas permukaan marmer dalam waktu lama. Noda yang ditinggalkan adalah noda karat. Noda karat ini dapat dihilangkandengan penghilang karat non-asam. Sayangnya, noda karat merupakan noda flek pada batuan marmer yang susah dihilangkan. Jika Anda sudah berusaha keras, namun nodanya tetap ada, sebaiknya hubungi tenaga profesional untuk melakukannya.

Itulah penyebab dan 4 solusi untuk menghilangkan flek pada batuan marmer. Jika Anda tertarik untuk menggunakan batuan marmer pada interior bangunan Anda, maka Anda dapat mempercayakannya pada PT Adiguna Masonry.

 

PT. Adiguna Masonry-Distributor Granit Indonesia Terpercaya

PT. Adiguna Masonry adalah distributor batu alam di Indonesia, seperti batu marmer, granit, batu semi mulia yang cocok untuk rumah, gedung, dan berbagai properti lainnya. Didirikan pada tahun 1997 oleh seorang visioner yang memiliki visi menjadi pemimpin dalam industri batu (marmer/granit), PT. Adiguna Masonry kini hadir melayani masyarakat Indonesia dengan pengetahuan dan pengalaman yang tak tertandingi setelah 20 tahun produktif beroperasi di Singapura. Adapun berbagai layanan yang disediakan mencakup:

  • Manajemen proyek
  • Instalasi
  • Pengetahuan
  • Dukungan internal
  • Pembelian

Untuk informasi lebih lanjut mengenai PT. Adiguna Masonry, bisa Anda peroleh melalui https://www.adigunamasonry.co.id.