Adiguna Masonry
0812 88 999 028

Blog details

Marmer Warna Putih Pilihan yang Tepat untuk Hunian

20 Oct 2023
Marmer Warna Putih Pilihan yang Tepat untuk Hunian

Marmer warna putih adalah salah satu kebutuhan hunian yang memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan marmer lainnya. Mulai dari bahan pembuatannya hingga hasilnya yang membuat semua perabotan rumah tampak terlihat mewah.

Selain kuat, marmer putih adalah bahan hunian yang tampak indah ketika dipandang. Anda bisa memasang marmer putih di dapur, kamar mandi, dan ruangan lainnya agar hunian menjadi lebih berkelas.

Apa Itu Marmer?

marmer warna putih

Pexels.com

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai marmer putih, Anda perlu mengetahui apa yang dimaksud dengan marmer. Marmer adalah bahan hunian yang berasal dari batu pualam yang telah melewati proses metamorfosis dari batu gamping. 

Adanya pengaruh dari suhu dan tekanan dari gaya endogen menyebabkan terjadinya proses rekristalisasi di batuan tersebut sehingga menghasilkan marmer. Marmer berasal dari Bahasa Yunani yaitu Marmaron atau marmaros yang artinya batu kristal, berkilau, dan bersinar. 

Batu marmer adalah jenis batuan yang memiliki nilai jual tinggi karena kecantikannya daripada jenis batuan lainnya. Jika dilihat dari jauh, batu marmer tampak mengkilap dengan motif garis berwarna dan tingkat kepadatannya juga terbilang sangat tinggi, berbeda dari batu lainnya. 

Faktor yang Membentuk Motif dan Warna pada Marmer

marmer warna putih

Pexels.com

Anda pasti bertanya-tanya mengenai bagaimana proses pembuatan marmer warna putih. Prosesnya tidak jauh berbeda dengan marmer pada umumnya, hanya ada beberapa faktor yang menjadi alasan mengapa warnanya berbeda-beda. 

Khusus pada marmer putih terdapat kalsit yang merupakan salah satu jenis mineral penyusun batuan. Mineral yang memiliki rumus kimia CaCO3 ini adalah mineral utama pembentuk marmer putih yang jumlahnya sangat banyak.

Jadi, ketika marmer dicampur dengan kalsit dalam jumlah besar, warnanya akan berubah menjadi putih. Oleh karena itu, pada marmer putih jernih memiliki kualitas yang tinggi dengan kalsit mencapai lebih dari 90%. 

Proses Pembuatan Marmer

marmer warna putih

Pexels.com

Semua marmer termasuk marmer putih mengalami proses pembuatan yang sama seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Proses pembuatan marmer membutuhkan waktu lama yang dimulai dari pemilihan bahan mentah. 

Setelah itu, bahan mentah diklasifikasikan menjadi beberapa kelompok kemudian dipotong dan diletakkan ke mesin penggiling. Setelah itu, mesin penggiling akan bekerja dengan memutar batuan marmer secara cepat agar bisa menghasilkan bubuk marmer yang sangat halus. 

Apabila sudah didapat bubuk halus yang diinginkan, bubuk tersebut dicampur dengan bahan lain ke dalam mixer. Bahan-bahan tersebut bisa berupa air dan agregat yang kemudian dituang ke cetakan logam lalu dibakar dengan menggunakan suhu yang tinggi.

Setelah marmer warna putih selesai dipanaskan, marmer tersebut langsung dicampurkan dengan beberapa jenis mineral. 

Seperti kalsit (dalam konsentrasi tinggi agar mendapatkan warna putih), dolomit, dan aragonit. Ketiga jenis mineral dicampurkan bersama-sama dengan air dan bahan lain. Tujuannya adalah agar mendapatkan tekstur yang kental. 

Langkah berikutnya adalah meletakkan campuran tersebut ke dalam oven dengan suhu yang sesuai. Masukkan campuran ke cetakan yang sudah tersedia sampai membentuk marmer yang diinginkan. Langkah terakhir adalah marmer siap digunakan untuk kebutuhan hunian. 

Keunggulan Marmer Warna Putih Dibandingkan Marmer Lain

marmer warna putih

Pexels.com

Beberapa orang berpikir bahwa semua marmer kualitasnya sama saja, padahal penggunaan marmer putih untuk hunian dapat memberikan kesan berbeda. Marmer putih adalah bahan bangunan yang memiliki tekstur halus dengan bentuk unik. 

Hal itu membuat marmer putih menjadi sangat terkenal di dunia arsitektur. Apalagi warna yang timbul ada unsur keabu-abuan, membuat semakin banyak orang yang ingin menggunakan marmer tersebut. 

Marmer warna putih tersedia berbagai varian mulai dari putih seperti cahaya atau putih seperti susu. Kualitas dan kemampuan marmer putih sangat bagus dalam menciptakan ruangan yang lebih elegan dan modern.

Marmer putih juga sering digunakan untuk mempercantik ruangan karena warnanya tampak murni dan memukau. Anda bisa memasang marmer putih di bagian lantai, dinding, pilar, dan furniture lainnya. 

Bahan bangunan satu ini sangat cocok menjadi pilihan untuk keindahan ruangan karena warnanya tampak bersih. Marmer putih juga bisa menghasilkan cahaya dari permukaan sehingga ruangan menjadi lebih hangat. 

Banyak orang yang suka menggunakan marmer putih untuk keindahan interior ruang tamu dan dapur. Agar ruangan menjadi lebih berkelas, Anda bisa menambahkan sentuhan warna lain seperti coklat atau hitam sehingga ruangan terasa terang. 

Alasan mengapa banyak orang yang memilih menggunakan marmer putih adalah karena ketahanannya. Marmer putih sangat cocok untuk diaplikasikan ke berbagai ruangan dengan warna kontras sehingga lebih menonjol daripada marmer lainnya. 

Pilihan yang tepat kalau Anda menggunakan marmer putih untuk hunian karena sangat menambah nilai estetika. 

Marmer Putih untuk Lantai

marmer warna putih

Pexels.com

Lantai adalah bagian penting dari sebuah hunian yang juga harus dipikirkan. Anda bisa memasang marmer warna putih untuk lantai agar ruangan tampak lebih mewah sehingga tidak perlu memasang emas. 

Keramik dengan marmer putih sangat bermanfaat untuk membuat lantai ruangan terasa lebih nyaman khususnya jika tinggal di daerah tropis. Sifat marmer putih adalah sulit menyalurkan panas sehingga membuat lantai terasa sejuk di setiap musim. 

Warna putih juga merupakan warna yang sangat netral apabila dipasangkan dengan warna-warna lainnya. Keramik marmer putih memiliki corak-corak garis yang sangat khas sehingga membedakannya dengan jenis keramik lainnya. 

Marmer putih juga mampu memberikan nuansa yang lembut dan menenangkan karena warnanya netral dan jernih. Ruangan Anda juga akan tampak lebih bersih daripada menggunakan jenis keramik lainnya.

Kalau Anda membutuhkan marmer warna putih untuk hunian bisa bekerja sama dengan Adigunamasonry yang merupakan penyedia marmer putih. Untuk informasi selengkapnya bisa klik di sini http://adigunamasonry.co.id/