Adiguna Masonry
0812 88 999 028

Blog details

Mengenal Warna Batu Granit

19 May 2021
Mengenal Warna Batu Granit

Granit adalah salah satu jenis batuan yang paling dikenal, digunakan dalam segala hal. Mulai dari bangunan hingga patung. Ini telah digunakan selama ribuan tahun dan dianggap sebagai simbol status, kekuatan, dan daya tahan. Warna granit sendiri memiliki rentang spektrum dari putih hingga hitam hingga merah muda, tetapi apa yang membuat satu jenis batuan begitu bervariasi? Di sini, kita akan menemukan apa yang membuat setiap granit memiliki warna yang berbeda. Jadi, baca terus artikel ini!

Apa itu Granit?

Granit adalah batuan beku intrusif dengan butiran besar (mineral) yang mudah dilihat dengan mata telanjang. Warna granit yang paling umum adalah merah muda, putih, variasi abu-abu, dan hitam. Namun, penting untuk dicatat bahwa beberapa batu yang dipasarkan sebagai 'granit' hitam sebenarnya kemungkinan adalah gabro karena granit harus mengandung setidaknya 20% kuarsa di dalam batu untuk menjadikannya granit.

Sekarang, mari kita uraikan apa sebenarnya batuan beku intrusif itu:

  • Batuan intrusif berarti batuan cair mendingin di dalam kerak dan tidak pernah dikeluarkan sebagai batuan cair. Pendinginan batuan cair secara bertahap sangat penting untuk menciptakan kristal besar dari mineral tunggal yang kita lihat di granit. Dengan berjalannya waktu, terdapat perbedaan litifikasi atau pemadatan batuan cair yang bergantung pada susunan kimiawi, hal ini memungkinkan berbagai jenis mineral untuk terbentuk pada periode waktu yang berbeda dan mengubah hasil akhir granit. Oleh karena itu, ukuran butiran individu sebanding dengan seberapa lambat batuan cair itu didinginkan. Sedangkan, batuan ekstrusif mendingin selama letusan gunung berapi dan tidak memberikan waktu untuk orientasi mineral, menciptakan batuan yang tampak homogen tanpa butiran yang terlihat.
  • Batuan beku adalah batuan yang mengeras dari batuan cair. Ini dibandingkan dengan dua jenis batuan utama lainnya, sedimen dan metamorf.

 

Apa yang Menentukan Warna Granit?

Granit adalah gabungan mineral dan batuan, terutama kuarsa, kalium feldspar, mika, amfibol, dan jejak mineral lainnya. Granit biasanya mengandung 20-60% kuarsa, 10-65% feldspar, dan 5-15% mika (biotit atau muskovit). Mineral yang membentuk granit memberikan warna unik yang kita lihat di berbagai jenis granit.

Proporsi relatif dari warna berbeda yang dihasilkan dalam granit sebagian besar disebabkan oleh sumber asli batuan cair yang didinginkan untuk membentuk granit. Jika batuan cair berlimpah kalium feldspar, granit kemungkinan besar berwarna pink salmon. Di sisi lain, jika batuan cair berlimpah dalam kuarsa dan mineral yang membentuk amfibol, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan granit berbintik hitam dan putih yang biasa terlihat di atas meja.

  • Kuarsa - biasanya berwarna putih susu
  • Feldspar - biasanya berwarna putih pudar
  • Potasium Feldspar - biasanya berwarna pink salmon
  • Biotit - biasanya berwarna hitam atau coklat tua
  • Muskovit - biasanya emas metalik atau warna kuning
  • Amfibol - biasanya berwarna hitam atau hijau tua

Kombinasi mineral di atas membentuk sebagian besar warna yang biasanya kita lihat di granit.

Itulah sedikit penjelasan mengenai warna yang ada pada batu granit. Nah, bagi Anda yang sedang mencari produk batu granit berkualitas untuk dijadikan berbagai hal, maka Anda dapat mempercayakannya pada PT. Adiguna Masonry.
 

PT. Adiguna Masonry-Distributor Granit Indonesia Terpercaya

PT. Adiguna Masonry adalah distributor batu alam di Indonesia, seperti batu marmer, granit, batu semi mulia yang cocok untuk rumah, gedung, dan berbagai properti lainnya. Didirikan pada tahun 1997 oleh seorang visioner yang memiliki visi menjadi pemimpin dalam industri batu (marmer/granit), PT. Adiguna Masonry kini hadir melayani masyarakat Indonesia dengan pengetahuan dan pengalaman yang tak tertandingi setelah 20 tahun produktif beroperasi di Singapura. Adapun berbagai layanan yang disediakan mencakup:

  • Manajemen proyek
  • Instalasi
  • Pengetahuan
  • Dukungan internal
  • Pembelian

Untuk informasi lebih lanjut mengenai PT. Adiguna Masonry, bisa Anda peroleh melalui website official PT. Adiguna Masonry di https://www.adigunamasonry.co.id/.