Adiguna Masonry
0812 88 999 028

Blog details

Mengintip Kelebihan Penggunaan Marmer untuk Eksterior

09 Nov 2021
Mengintip Kelebihan Penggunaan Marmer untuk Eksterior

Saat ini, selain hunian bernuansa minimalis  masyarakat juga tengah menggandrungi hunian bertema alam.

Penggunaan material batu alam memberi kesan sejuk juga menyegarkan, tetapi tidak meninggalkan kesan modern dan minimalis di saat bersamaan.

Salah satu jenis batuan yang kerap digunakan pada hunian yaitu marmer. Tidak hanya mempercantik interior, kini marmer juga banyak digunakan untuk menyempurnakan tampilan eksterior hunian bahkan perkantoran.

Selain memberi kesan sejuk, modern dan  kokoh, marmer juga mampu menambah kesan elegan pada interior maupun eksterior bangunan.

Namun, bukan hal itu yang menjadi alasan mengapa marmer kini banyak digunakan untuk eksterior.

Apa alasannya? Berikut ini penjelasan singkat tentang kelebihan penggunaan marmer untuk eksterior rumah atau bangunan. 

Kelebihan Penggunaan Marmer untuk Eksterior

Setiap orang tentu memimpikan hunian yang nyaman. Salah satu yang bisa menambah kenyamanan hunian adalah penataan dan penggunaan material yang tepat.

Penggunaan material marmer pada eksterior hunian, umumnya untuk menambah kesan mewah, elegan, kokoh sekaligus sejuk karena berasal dari alam.

Biasa digunakan pada dinding bagian luar rumah, lantai teras, pilar, hiasan kusen jendela maupun pintu, sampai dengan pot tanaman kesayangan.

Namun ada juga yang memilihnya karena beberapa kelebihan yang dimilikinya. Kelebihan material marmer untuk digunakan sebagai bahan baku penyempurna eksterior adalah:

1. Perawatan Mudah

Bahan marmer banyak digunakan karena perawatannya cukup mudah. Meskipun dikenal dengan daya serapnya yang tinggi, tetapi mudah untuk dibersihkan.

Mulai dengan menggunakan cairan khusus pembersih marmer, sampai dengan bahan rumah tangga yang mudah ditemukan. Seperti air lemon, sabun cuci piring dan juga baking soda.

Itulah mengapa banyak orang memilih marmer sebagai bahan baku penghias eksterior hunian mereka.

Sebab bagian dari eksterior akan jarang terkena noda membandel, sehingga mudah membersihkannya.

2. Banyak Pilihan Corak dan Warna

Baik marmer lokal maupun impor, memiliki banyak pilihan corak dan juga warna. Hal ini tentu memudahkan Anda dalam memadu padankan marmer dengan konsep hunian.

Penggunaan marmer pada eksterior, tentu harus memperhatikan konsep hunian secara keseluruhan. Dengan begitu baik warna maupun coraknya akan serasi dan menyempurnakan keseluruhan tampilan hunian Anda.

3. Mudah Dipotong dan Tahan Lama

Kelebihan selanjutnya adalah marmer sangat mudah dipotong dan dibentuk. Hal ini tentu memudahkan Anda menciptakan elemen eksterior yang detail sekalipun.

Disamping itu, marmer juga tahan lama. Hal ini karena marmer sendiri terbentuk dari tekanan juga suhu yang tinggi.

Jadi tidak heran jika bahan marmer lebih mudah beradaptasi dengan perubahan suhu, iklim juga cuaca di luar rumah.

Marmer juga lebih tahan lama jika dibandingkan dengan material kayu ataupun keramik yang mudah memuai karena perubahan suhu.

4. Tahan Panas

Salah satu karakteristik marmer yang juga menjadi kelebihannya yaitu tahan panas dan mampu mempertahankan suhu dingin.

Itulah mengapa hunian yang menggunakan material marmer pada lantai atau dindingnya, akan terasa sejuk meski hawa di luar tengah panas.

Hal ini membuatnya tidak mudah memuai ataupun pecah seperti material lain ketika terpapar suhu tinggi dari matahari meski letaknya di bagian luar rumah.

5. Tahan Api

Selain tahan panas, bahan marmer juga tahan api. Alasannya adalah karena marmer terbentuk melalui pemanasan, patahan juga tekanan ekstra tinggi di dalam inti bumi.

Penggunaan marmer pada akhirnya mampu meminimalisir risiko terjadinya kebakaran. Itulah mengapa di luar negeri, marmer banyak digunakan sebagai bahan tungku perapian.

Dari penjelasan di atas, bisa kita ketahui bahwa ada banyak kelebihan dari material marmer selain dari nilai estetikanya.

Jadi, tidak perlu ragu lagi untuk memanfaatkan bahan alam ini dalam menciptakan eksterior yang indah dan nyaman sebagai penyempurna hunian.

Pasang Marmer untuk Desain Eksterior Rumah dengan Adiguna Masonry

Ingin mencari marmer yang cocok untuk desain eksterior rumah Anda? Konsultasikan langsung ke Adiguna Masonry. 

Kami adalah perusahaan marmer di Indonesia yang telah berpengalaman menangani proyek-proyek pemasangan batu alami. 

Cek langsung produk marmer yang kami tawarkan atau hubungi kami untuk info lebih lanjut.