Adiguna Masonry
0812 88 999 028

Blog details

Penggunaan Batu Alam untuk Ruangan Kantor

20 Jun 2022
Penggunaan Batu Alam untuk Ruangan Kantor

Siapa yang nggak mau punya ruang kantor yang super kece? Banyak cara bisa Anda lakukan, salah satunya adalah mengaplikasikan batu alam untuk kantor Anda.

Selain buat suasana kerja lebih adem, melihat tatanan batu alam dalam kantor juga dapat meredakan stress.

Dengan beragam jenis batu alam, Anda bisa mengkreasikan ruang kerja sesuai kebutuhan. Seperti beberapa ide penggunaan batu alam, yang akan dijelaskan pada artikel ini.

Jenis Batu Alam yang Bisa Digunakan untuk Ruangan Kantor

Ada banyak sekali jenis batu alam yang bisa Anda gunakan, seperti beberapa jenis batu di bawah ini:

  • Batu Granit

Batuan alam yang pertama adalah batu granit, batu ini memiliki ketahanan cuaca yang tinggi. Pemanfaatan batu granit pada ruangan, kebanyakan adalah untuk lantai ruangan.

Warnanya yang netral, sangat cocok dikombinasikan dengan berbagai furniture. Dengan menggunakan batuan ini, kantor Anda akan terlihat lebih alami dan sejuk.

  • Batu Marmer

Marmer merupakan salah satu batuan alam dari gunung kapur, saking maraknya penggunaan marmer bahan alam ini sering diduplikasi dalam bentuk marmer sintetis.

Selain memiliki motif yang sangat menarik, batu marmer akan memberikan kesan glamour dan adem. 

Namun aplikasi batu alam untuk kantor ini cukup sulit, jadi ada baiknya Anda menggunakan tenaga ahli untuk instalasi marmer.

  • Batu Sabak

Jika Anda ingin menonjolkan kesan estetik dengan nuansa gelap,  batu sabak sangat cocok untuk kantor Anda.

Selain membuat ruang kantor lebih indah, jenis batuan alam ini juga memiliki cukup kuat untuk pondasi rumah.

Pengaplikasian batu alam dalam kantor ini, biasanya dengan melakukan pemotongan batu menjadi lembaran tipis untuk pelapis.

  • Batu Palimanan

Batu asal Cirebon ini menjadi salah satu batu paling populer dalam dunia pembangunan, dengan corak motif dan warna yang terang membuat batuan ini cukup cocok diaplikasikan di kantor. 

Untuk memanfaatkan baruan ini, Anda harus melakukan pelapisan pada batu. Hal ini harus dilakukan karena pori-pori batuan ini cukup besar, pelapisan dapat mencegah tumbuhnya lumut.

  • Batu Paras Jogja

Berikutnya ada batu paras Jogja yang memiliki warna dasar putih maupun krem, pengaplikasian batu alam untuk kantor ini dapat membuat ruang kerja lebih instagramable.

Dengan teksturnya yang lembut, batuan alam satu ini sangat cocok untuk berbagai jenis pengaplikasian ruang.

Penggunaan Batu Alam untuk Kantor

Dari banyak jenis batu alam diatas, Anda bisa mengaplikasikan batuan alam pada berbagai aspek. Berikut beberapa ide pengaplikasian batu alam untuk kantor:

  • Sebagai Lantai

Pengaplikasian paling mainstream bagi batu alam dalam kantor adalah sebagai lantai, hal ini didasari atas daya tahan batu alam yang kuat.

Selain itu penggunaan batu alam sebagai lantai dapat menimbulkan kesan eksklusif, dengan begitu derajat perusahaan akan naik beberapa tingkat.

Batu yang sering digunakan antara lain adalah batu marmer, batu granit dan juga batu sabak.

  • Sebagai Dinding

Berikutnya ada pengaplikasian batu alam sebagai dinding, untuk batuan yang bisa digunakan adalah semua jenis batu alam.

Namun ada baiknya untuk pengaplikasian batu alam pada dinding, Anda menggunakan tenaga ahli karena jenis batu dan karakteristik sangat berbeda-beda.

Setiap batu alam untuk kantor yang akan Anda gunakan, pastikan batuan alam yang Anda pilih mencerminkan nilai dan kesan yang ingin Anda tonjolkan.

  • Sebagai Meja Kerja

Beberapa batuan alam juga bisa Anda gunakan sebagai meja kerja, apalagi jika Anda ingin menonjolkan kesan estetik dan berkelas pada ruang kerja Anda.

Batuan yang biasa digunakan adalah granit dan juga marmer, Anda bisa memadupadankan motif dan karakter batu dengan desain meja yang akan Anda buat.

Walaupun membutuhkan waktu yang lebih lama dan dana yang besar, namun hasilnya akan sangat sepadan dengan suasana kerja yang lebih kondusif serta bikin lebih semangat.

  • Sebagai Area Nongkrong

Batuan alam tidak melulu digunakan pada area dalam kantor, beberapa jenis batuan alam pastinya juga bisa Anda gunakan untuk outdoor seperti area nongkrong.

Penggunaan batu alam untuk kantor ini bisa Anda manfaatkan untuk coffee table beserta kursinya, pijakan taman, serta beberapa komponen lainnya. 

Dengan area nongkrong yang nyaman, pastinya pegawa akan lebih kerasan di kantor walaupun di jam istirahat.

  • Sebagai Tabletops

Untuk membuat kesan yang lebih profesional, Anda bisa menerapkan batuan alam pada tabletops yang ada pada ruang konferensi atau ruang rapat.

Beberapa batuan seperti granit, marmer, dan sabak bisa Anda pilih, hal ini bisa terjadi karena beberapa batuan alam tersebut memiliki pola unik dan bikin adem.

Apalagi dengan treatment yang tepat, penggunaan batuan alam sebagai tabletops secara tidak langsung dapat menunjang kinerja otak para pegawai.

  • Sebagai Ambang Jendela

Pengaplikasian batu alam untuk kantor berikutnya adalah sebagai ambang jendela, selain bahan yang kuat pastinya alasan utamanya adalah estetika.

Maka dari itu pengaplikasian batuan alam sebagai ambang jendela harus diperhitungkan, sehingga dapat memberikan tampilan yang lebih berkelas untuk ruang kerja Anda.

Untuk pengaplikasiannya Anda harus memilih batu dan jasa instalasi yang memiliki kredibilitas, hal ini untuk menekan risiko kesalahan pemasangan dan kerugian.

  • Sebagai Pelapis Dinding

Pengaplikasian berikutnya adalah sebagai pelapis dinding, hal ini sangat berpengaruh pada timing, budgeting dan karakter batu.

Beberapa batu yang siap pasang, biasanya sudah berbentuk lempengan tipis sehingga cocok untuk lapisan dinding.

Selain itu menggunakan batu lempengan akan lebih memudahkan pemasangan, waktu yang diperlukan juga akan lebih singkat daripada harus memulai dari bahan mentah.

  • Sebagai Pemanis Pantry

Bagi beberapa kantor yang menyiapkan pantry bagi pegawainya, bisa menggunakan batuan alam agar memunculkan kesan lebih nyaman dan adem.

Pengaplikasian batu juga bisa divariasikan dari beberapa batu sekaligus. Pastikan pemilihan batu sesuai dan tidak terlalu kontras.

Dengan suasana yang diberikan batuan alam, pastinya akan membuat karyawan lebih betah dan semangat dalam bekerja.

  • Sebagai Pemanis Tempat Ibadah

Pengaplikasian batu alam untuk kantor berikutnya adalah sebagai pemanis dari tempat ibadah, selain untuk kenyamanan beribadah batu alam juga membuat suasana lebih khusuk.

Contohnya adalah penggunaan batu marmer sebagai lantai dari mushola kantor, dengan treatment yang baik Anda juga bisa memangkas uang pembelian karpet untuk alas ibadah.

  • Sebagai Furniture 

Beberapa batuan alam juga bisa Anda gunakan untuk furniture, misal pengaplikasian batu alam untuk kantor sebagai alas foto, wadah ATK, wadah sabun di kamar mandi, dan lain sebagainya.

Selain untuk menambah kesan estetik, dengan furnitur dari batuan alam diharap umur furnitur lebih tahan lama.

Penggunaan batu alam juga bisa untuk meminimalisir kecurangan, misal beberapa oknum yang membawa pulang fasilitas kantor.

Nah itu dia beberapa pengaplikasian batu alam untuk kantor, selalu perhitungkan jenis batu dan kesan yang ingin Anda tonjolkan.

Selalu gunakan jasa instalasi batu alam yang berkredibilitas seperti PT. Adiguna Masonry yang merupakan ahli dalam industri pemasangan dan penjualan batu alam selama lebih dari 20 tahun. 

Konsultasikan kebutuhan Anda dengan menghubungi tim sales kami