Adiguna Masonry
0812 88 999 028

Blog details

Perbedaan Granit dan Marmer, Mending Pilih Yang Mana?

21 Sep 2021
Perbedaan Granit dan Marmer, Mending Pilih Yang Mana?

Masih bingung bagaimana membedakan antara marmer dan granit serta pengaplikasian terbaik dalam hunian Anda? Pelajari lebih lanjut di artikel ini. 

Granit dan marmer adalah bahan yang sangat populer terutama untuk meja dapur dan kamar mandi. Pemilik rumah menjadi semakin tertarik untuk mengetahui perbedaan antara kedua batu alam ini.

Meskipun marmer dan granit memiliki beberapa kesamaan dasar, mereka juga memiliki perbedaan yang signifikan.

Berikut adalah perbedaan antara marmer dan granit: 

Asal usul Granit dan Marmer

Granit berasal dari pemadatan dan pendinginan magma di perut bumi selama jutaan tahun.

Ciri khas granit adalah corak yang diperoleh dari hasil peleburan batu lain seperti feldspar, mica biotite, amfibol, hingga kuarsa. 

Sedangkan marmer diklasifikasikan sebagai batu metamorf karena dibuat oleh transformasi jenis batu lain yaitu batu sedimen. 

Proses ini menggabungkan mineral lain ke dalam marmer yang dapat memberikan warna batu yang menarik.

Marmer terutama terdiri dari kalsium karbonat yang jauh lebih lembut daripada komponen granit.

Perbedaan Granit dan Marmer dari Segi Penampilan

Granit dan marmer memiliki penampilan yang sedikit mirip. Namun, jika diteliti lebih dekat, Anda dapat mendeteksi perbedaan tertentu. Variasi warna alami yang muncul pada granit dan marmer ternyata berbeda. 

Variasi warna granit umumnya muncul sebagai bintik-bintik di seluruh batu, sedangkan variasi warna marmer menyerupai urat warna-warni yang berputar di batu tersebut. 

Kekuatan dan Daya Tahan

Proses alami yang membentuk granit dan marmer memiliki korelasi langsung dengan kekuatan dan daya tahan kedua bahan tersebut.

Meskipun kedua bahan tersebut memiliki daya tahan yang cukup lama dan tetap akan terlihat indah selama bertahun-tahun, penting untuk memilih bahan yang tepat sesuai dengan lokasi agar tidak terjadi kerusakan.

Berikut ini adalah penjelasan lebih detail tentang daya tahan kedua batu alam ini:

  • Granit

Granit memiliki kekerasan 6 sampai 7 pada skala Mohs. Batu ini dengan mudah dapat menahan goresan dan kerusakan akibat panas sehingga menjadikannya bahan yang ideal untuk meja dapur baik di dalam rumah maupun di ruangan terbuka. 

Meja granit tidak akan lecet atau berubah warna sehingga cocok digunakan untuk kegiatan rumah tangga sehari-hari.

  • Marmer

Marmer memiliki kekerasan 3 sampai 5 pada skala Mohs. Marmer tidak memiliki daya tahan yang sama seperti granit dan akan mengalami kerusakan dari kegiatan di dapur pada umumnya seperti ketika memotong sesuatu. 

Jika marmer terkena panci atau piring panas, hal ini dapat merusak marmer juga. Marmer adalah pilihan yang lebih cocok digunakan untuk meja rias kamar mandi atau aksen dekoratif.  

Ketahanan Terhadap Noda

Atribut metamorf dari marmer menghasilkan bahan yang lebih berpori. Porositas marmer akan mengakibatkan penyerapan beberapa bahan pada saat terjadinya kontak. 

Misalnya, beberapa makanan atau cairan (seperti saus tomat), anggur, jus, lemon, dan cuka akan menyerap ke dalam marmer dan menyebabkan noda permanen.

Kepadatan granit yang ekstrim membuatnya mampu menahan hampir semua noda dari makanan dan cairan. 

Bahkan cairan asam seperti cuka tidak akan menembus granit selama Anda mengaplikasikan sealant yang efektif pada granit.

Perbedaan Granit dan Marmer dari Cara Membersihkannya

Anda bisa membersihkan meja granit dengan menggunakan air sabun biasa untuk menjaga permukaan tetap bersih dan indah.

Sedangkan permukaan marmer membutuhkan cara pembersihan yang lebih hati-hati untuk menghindari kerusakan yang menyebabkan batu jadi keropos. 

Gunakan produk pembersih dengan pH netral untuk menghindari perubahan warna pada marmer. Jangan gunakan pembersih yang bersifat abrasif pada marmer, karena dapat membuat tampilannya menjadi kusam.

Itulah beberapa perbedaan dan karakteristik dari marmer dan granit. Semoga Anda bisa memanfaatkannya sesuai dengan kegunaan yang paling tepat.

Pilih Marmer atau Granit? Adiguna Masonry Membantu Anda untuk Menemukan Pilihan Yang Tepat!

Bagi Anda yang masih bingung apakah sebaiknya menggunakan marmer atau granit di bagian rumah Anda, tidak perlu khawatir karena Anda bisa bertanya langsung kepada ahlinya. 

PT. Adiguna Masonry perusahaan yang telah berpengalaman menjual natural stone seperti granit maupun marmer. 

Kami dapat memberikan rekomendasi terbaik bagi Anda supaya dapat memaksimalkan penggunaan batuan alam ini. 

Layanan kami termasuk manajemen proyek, instalasi, dan layanan pendukung lainnya. Silahkan lihat proyek-proyek yang telah kami kerjakan di sini

Jika masih ada pertanyaan, jangan ragu untuk menghubungi kami. 

Baik marmer ataupun granit, keduanya dapat menjadi pelengkap yang meningkatkan keindahan dan kenyamanan hunian Anda!