Adiguna Masonry
0812 88 999 028

Blog details

Tips Merawat Meja Marmer Agar Tetap Terlihat Mengkilap!

03 Aug 2021
Tips Merawat Meja Marmer Agar Tetap Terlihat Mengkilap!

Meja dapur marmer impian Anda akhirnya dipasang juga. Tetapi kemudian Anda terpikir, bagaimana cara membersihkan dan merawat meja yang terbuat dari bahan marmer?

Merawat meja marmer sebenarnya lebih sederhana dari yang Anda kira. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat meja marmer, terutama yang terletak di dapur agar tetap berkilau! 

1. Membersihkannya Secara Teratur

Untuk menjaga meja marmer Anda tetap bersih dan mengkilap, bersihkanlah secara teratur dengan menggunakan kain kering yang lembut setiap minggu.

Jika Anda perlu membasahi permukaan meja untuk membersihkan noda seperti sidik jari, sebaiknya gunakan air suling dengan spons atau kain bersih yang tidak berwarna

Keringkan bagian atas meja segera dengan kain lembut yang bersih atau kulit chamois.

Jangan gunakan produk pembersih rumah tangga seperti deterjen, pemutih, semprotan serbaguna atau produk sabun di atas meja marmer Anda.

Produk tersebut dapat meninggalkan bahan kimia atau residu di permukaan meja yang akhirnya dapat membuat marmer terlihat kusam. 

Jangan pernah menggunakan produk pembersih abrasif karena hal ini dapat mengikis atau merusak permukaan marmer.

2. Cara Menghilangkan Noda di Permukaan Meja Marmer

Jika permukaan marmer ternodai, Anda harus menggunakan bahan pembersih yang sedikit lebih kuat daripada sabun dan air.

Noda organik seperti kopi atau jus biasanya akan hilang setelah meletakkan paper towel yang direndam dalam pemutih selama 24 jam.

Noda minyak dan lemak dapat dihilangkan dengan menggabungkan aseton dan soda kue yang kemudian dibiarkan menempel pada noda selama 24 jam. 

Setelah noda hilang, bersihkan permukaan marmer seperti biasa dan aplikasikan kembali sealant, karena asam dari zat yang digunakan untuk membersihkan dapat merusak sealant.

3. Cegah Terjadinya Goresan

Pencegahan adalah cara terbaik untuk merawat meja marmer Anda. Sebisa mungkin Anda harus melindungi marmer dari goresan, gunakan kain pelapis pada bagian bawah aksesoris yang biasanya terdapat di atas meja.

Letakkan tatakan dibawah piring, gelas, atau penyimpanan makanan berbahan kaca. 

Jika Anda meletakkan dekorasi seperti vas bunga, ornamen, lampu atau benda keras lainnya, sebaiknya gunakan taplak meja di bagian bawah benda tersebut untuk melindungi permukaan marmer agar tidak tergores.

4. Melindungi Meja Marmer dengan Menggunakan Sealant

Salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk merawat meja marmer adalah dengan melindunginya dengan sealent.

Aplikasikan secara berkala setiap enam bulan, atau minimal setahun sekali.

5. Lakukan Pemolesan Rutin

Tips terakhir yang bisa Anda lakukan untuk merawat permukaan meja marmer adalah dengan melakukan pemolesan secara rutin. 

Anda dapat menemukan berbagai produk komersial untuk memoles marmer Anda tetapi sebaiknya hindari bahan yang menggunakan bahan kimia keras. 

Itulah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menjaga permukaan meja marmer agar terlihat bersih dan mengkilap. 

Mungkin kedengarannya ribet, tetapi sebenarnya tidak sulit untuk merawat meja marmer.

Kalaupun Anda menemukan noda yang tidak bisa dibersihkan, Anda bisa memanggil jasa profesional agar tidak merusak meja marmer Anda. 

PT. Adiguna Masonry adalah perusahaan marmer di Indonesia yang menyediakan produk batuan alami berkualitas. 

Adapun berbagai layanan yang disediakan mencakup manajemen proyek, instalasi, pembelian, dan support yang berkelanjutan. 

Hubungi kami segera untuk informasi lebih lanjut!