Adiguna Masonry
0812 88 999 028

Blog details

Marmer: Mengenal Jenis Marmer Warna Putih Hingga Merah

04 Dec 2022
Marmer: Mengenal Jenis Marmer Warna Putih Hingga Merah

Saat sedang melihat-lihat postingan di media sosial, seringkali muncul postingan tentang rumah minimalis hingga mewah. Nah, rumah tersebut terlihat sangat indah, terlebih jika lantai atau permukaan furniturnya dilapisi marmer. Tampilannya jadi terkesan mewah! Contohnya seperti pada gambar di bawah ini.


Dinding dapur dilapisi dengan marmer warna putih. (dok. pexels.com/Pixabay)

Dinding dapur pada gambar di atas dilapisi dengan marmer warna putih. Bagaimana menurut Anda? Kesan yang diberikan oleh dapur tersebut jadi mewah dan bersih, bukan? Itulah salah satu kegunaan menggunakan marmer, memberikan kesan mewah dan elegan.

Apa itu Marmer?

Setelah mengetahui contoh dari marmer, sekarang saatnya kita telusuri pengertian dari marmer itu sendiri. Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan marmer?

Marmer adalah batuan metamorf yang terbentuk ketika batu kapur mengalami tekanan atau panas tinggi.

Marmer yang murni adalah batuan berwarna putih dengan tampilan kristal yang terdiri dari kalsium karbonat (CaCO3). Tidak hanya kalsium karbonat, penyusun marmer yang lain adalah kuarsa, grafit, pirit, dan oksida besi. Nah, mineral-mineral itulah yang dapat memberikan warna kepada marmer, mulai dari marmer warna coklat, hitam, abu-abu, hingga hijau.

Proses Terbentuknya Marmer

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, marmer merupakan batuan metamorf yang terbentuk ketika batu kapur mengalami tekanan atau panas tinggi atau bisa disebut dengan proses metamorfisme batu gamping.

Proses tersebut dipengaruhi oleh suhu dan tekanan yang bisa menyebabkan perubahan pada struktur, tekstur, dan mineralogi pada batu gamping. Alhasil, proses tersebut menghasilkan batuan marmer yang memiliki karakteristik unik.

Marmer dapat ditemukan di hampir berbagai penjuru dunia, namun ada empat negara yang menyumbang setengah dari produksinya. Negara-negara tersebut, yaitu:

  1. Italia
  2. Cina
  3. Spanyol
  4. India

Baca juga: Mengapa Marmer Import Italy Menjadi Marmer Terbaik di Dunia?

Penggunaan Marmer dan Mengapa Marmer Bisa Populer?

Saat ini, kebanyakan marmer digunakan dalam industri konstruksi, seperti pembangunan real estate yang saat ini banyak menggunakan marmer untuk menciptakan tampilan mewah dan elegan.

Salah satu alasan utama mengapa pemilik bangunan memilih marmer untuk furniturnya dan lantainya adalah karena tampilan elegan yang diciptakannya. Coba deh, Anda perhatikan, bangunan yang menggunakan marmer pasti terlihat rapi, indah, mewah, dan elegan.

Penggunaannya juga bisa di berbagai tempat, seperti pada lantai, dinding, dan permukaan furnitur di kamar, kamar mandi, dapur, atau jalanan yang tampak kusam. Dengan perawatan yang tepat, marmer memiliki umur panjang dan tetap memiliki tampilan baik.

Mengenal Marmer Warna Putih

Marmer warna putih banyak disukai oleh masyarakat. Selain warnanya yang netral, sehingga bisa dipadukan dengan desain dan warna lain. Ada juga alasan lain kenapa marmer warna putih lebih disukai. Marmer putih cenderung lebih estetik dan bisa mendukung tren gaya rumah minimalis yang saat ini sedang digandrungi oleh banyak kalangan, terutama kalangan muda.

Desain minimalis dengan dominasi warna putih merupakan idaman bagi banyak orang. Karena, kesan yang ditampilkannya lebih bersih, elegan, dan estetik. Itulah mengapa marmer warna putih banyak diaplikasikan pada berbagai jenis bangunan seperti lantai, dinding, interior dapur, interior kamar mandi, dan hiasan rumah.

Baca juga: Ragam Jenis Marmer Warna Putih

Mengenal Marmer Warna Hitam

Marmer warna hitam juga tidak kalah pamornya. Kesan yang diciptakan dari marmer warna hitam adalah elegan, maskulin, dan kharismatik. Beberapa jenis marmer warna hitam yang populer, yaitu:

  1. Black Marquina atau Nero Marquina Marble asal Spanyol
  2. Noir Saint Laurent asal Prancis
  3. Port St Laurent asal Maroko
  4. Fossil Black asal Maroko
  5. Nero Portoro asal Italia
  6. Nero Dorato atau Sahara Noir asal Tunisia

Marmer Warna Kuning

Dari warna netral, sekarang kita beralih ke marmer warna cerah, yaitu kuning.

Bagi Anda pecinta warna kuning, sekarang Anda bisa mengaplikasikan marmer warna kuning ke dalam interior rumah Anda. Hal ini dapat menciptakan kesan ceria, semangat, dan optimis, lho.

Selain itu, pengaplikasian marmer warna kuning pada bangunan ternyata dapat menciptakan kesan lapang. Salah satu jenis marmer warna kuning adalah Giallo Siena.

Marmer Warna Merah

Siapa yang suka warna merah, cuuung?!

Marmer warna merah juga ternyata banyak peminatnya, lho. Warna merah memberikan kesan berani dan sensualitas. Warna yang satu ini begitu kuat, terkadang juga melambangkan gairah dan kekuatan.

Kalau Anda bingung mau mengaplikasikan marmer warna merah pada interior apa, Anda bisa coba mengaplikasikannya di dapur. Hal ini bertujuan supaya meningkatkan gairah makan di ruang makan, supaya nafsu makan meningkat. Coba Anda perhatikan, banyak restoran yang menerapkan trik ini, lho. Banyak restoran yang menggunakan warna merah pada logo, dinding restoran, hingga elemen dekoratif lainnya

Bagaimana menurut Anda, marmer warna apa yang paling menarik perhatian Anda? Marmer warna putih, hitam, kuning, atau merah