Adiguna Masonry
0812 88 999 028

Blog details

Marmer Warna Putih: Asal-usul dan Pengaplikasiannya

01 Oct 2022
Marmer Warna Putih: Asal-usul dan Pengaplikasiannya

Sejauh ini, kita mengenal Bumi sebagai satu-satunya planet di tata surya yang dapat dihuni oleh manusia. Nah, Bumi sendiri tersusun atas berbagai macam lapisan, salah satunya adalah jenis-jenis batuan.

Secara umum, batuan di Bumi diklasifikasikan menjadi tiga macam, yaitu batuan sedimen, batuan beku, dan batuan metamorf. Masing-masing dari ketiga klasifikasi tersebut terbagi lagi menjadi beberapa jenis batuan.

Kali ini, kita akan membahas mengenai batu marmer warna putih. Sebelum ke situ, perlu kita ketahui dulu pengertian secara umum dari marmer itu sendiri. Cekidot!

Apa yang Dimaksud dengan Marmer?

Marmer merupakan salah satu jenis batuan yang ada di Bumi. Kalau tadi kita berbicara mengenai klasifikasi batuan yang terbagi menjadi tiga, ternyata marmer termasuk dalam klasifikasi batuan metamorf.

Apa itu batuan metamorf? Batuan metamorf merupakan batuan yang telah mengalami perubahan komposisi akibat panas dan tekanan yang hebat. Marmer sendiri merupakan batuan metamorf hasil proses metamorfisme batu gamping.

Proses tersebut dipengaruhi oleh suhu dan tekanan yang bisa menyebabkan perubahan pada struktur, tekstur, dan mineralogi pada batu gamping. Alhasil, proses tersebut menghasilkan batuan marmer yang memiliki karakteristik unik.

Penyusun utama marmer tentu saja mineral, ya. Mineral tersebut adalah kalsit (CaCO3), dolomit, lempung, pirit, kuarsa, mika, oksida besi, dan grafit. Nah, kalsit itulah yang nantinya akan mengalami rekristalisasi pada proses metamorfosa.

Baca juga: Apa itu Batu Marmer?

Marmer di Indonesia

Bisa dibilang, persebaran marmer di Indonesia sudah cukup melimpah. Ada berbagai jenis dan karakteristik yang berbeda-beda mengenai batu marmer. Karakteristik yang muncul dari batuan tersebut dipengaruhi oleh perbedaan proses metamorfismenya.

Di Indonesia sendiri ada beberapa daerah penghasil marmer terbesar. Bahkan, daerah tersebut sudah terkenal hingga ke mancanegara. Daerah-daerah tersebut adalah Tulungagung, Magelang, Lampung, dan Aceh Selatan.

1. Tulungagung

Daerah penghasil marmer terbesar di Indonesia yang pertama akan kita bahas adalah Tulungagung, Jawa Timur. Pasalnya, berita yang menyatakan bahwa tambang marmer di daerah tersebut sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Tepatnya di Bukit Besole, Desa Besole, Kecamatan Besuki, Tulungagung.

Tambang marmer tersebut tidak berdiri sendiri. Tambang tersebut berada di bawah naungan PT. Industri Marmer Indonesia Tulungagung (IMIT). Nah, marmer dari daerah tersebut sudah terkenal dengan kualitasnya yang baik.

2. Magelang

Daerah penghasil marmer selanjutnya adalah Magelang, Jawa Tengah. Tepatnya di Kecamatan Salaman. Nah, yang unik dari marmer Magelang adalah kemunculan batuan tersebut di bawah tanah dengan serat warna merah.

3. Lampung

Dari Pulau Jawa, kita beralih ke Pulau Sumatra. Tepatnya di Lampung, Sumatera Barat. Perlu Anda ketahui, bahwa pertambangan marmer di Lampung tidak hanya di satu titik saja. Ada beberapa pertambangan yang tersebar di beberapa tempat, seperti Kecamatan Bangun Rejo, Way Tuba, Natar, Sendang Agung, Pugung, Gedong Tataan, dan Pagelaran. Banyak, bukan?

4. Aceh Selatan

Masih di Pulau Sumatra, kita bergeser ke Aceh Selatan. Di daerah tersebut ternyata menyimpan kekayaan marmer yang melimpah! Bahkan, pemerintah daerah juga membangun laboratorium marmer dan granit di Politeknik Aceh Selatan.

Selain keempat daerah di atas, ada juga daerah lainnya yang memproduksi marmer. Meskipun ketersediaannya cukup banyak, namun tetap saja produksi marmer perlu ditingkatkan lagi, termasuk untuk peningkatan kualitasnya.

Produsen marmer tersebut juga memproduksi marmer warna putih. Karena, marmer warna putih banyak diminati oleh masyarakat. Mari kita bahas mengenai marmer warna putih bersama-sama!

Aplikasi Marmer Warna Putih

Marmer warna putih banyak disukai oleh masyarakat. Selain warnanya yang netral, sehingga bisa dipadukan dengan desain dan warna lain. Ada juga alasan lain kenapa marmer warna putih lebih disukai. Marmer putih cenderung lebih estetik dan bisa mendukung tren gaya rumah minimalis yang saat ini sedang digandrungi oleh banyak kalangan, terutama kalangan muda.

Desain minimalis dengan dominasi warna putih merupakan idaman bagi banyak orang. Karena, kesan yang ditampilkannya lebih bersih, elegan, dan estetik. Itulah mengapa marmer warna putih banyak diaplikasikan pada berbagai jenis bangunan.

Berikut ini pengaplikasian marmer warna putih.

1. Lantai

Pengaplikasian marmer warna putih untuk lantai merupakan yang paling umum dalam arsitektur dan bangunan. Anda bisa menemukannya pada lantai bangunan rumah, apartemen, pusat perbelanjaan, dan perkantoran.

Penggunaan marmer berwarna putih sangat cocok untuk lantai, karena tampilannya yang netral, sehingga bisa dikombinasikan dengan berbagai warna dan gaya apapun.

2. Dinding

Selain lantai, marmer juga dapat diaplikasikan pada dinding bangunan. Contoh dinding dari marmer yang paling fenomenal adalah The Pantheon di Roma. Bahkan, bangunan yang telah berdiri sejak ribuan tahun lalu itu banyak memberikan inspirasi bagi para arsitek.

3. Interior Dapur


Pengaplikasian marmer untuk countertop dapur (dok. PxHere)

Anda tentu pernah melihat countertop dapur yang terbuat dari marmer, bukan? Bagaimana tampilannya? Yap, mewah!

Pengaplikasian marmer pada interior dapur memang memberikan nuansa mewah. Umumnya, warna marmer yang digunakan untuk interior dapur adalah putih dan hitam. Hal itu karena warna netral lebih mudah disesuaikan dengan desain.

Selain memberikan kesan mewah, marmer juga memiliki kualitas yang baik, sehingga cocok digunakan untuk interior dapur, seperti countertop. Namun, penggunaan marmer untuk interior dapur juga perlu diperhatikan perawatan rutinnya, supaya keindahan marmer tetap terjaga.

4. Interior Kamar Mandi

Sama seperti interior dapur, marmer juga cocok digunakan sebagai interior kamar mandi. Pengaplikasian marmer untuk interior kamar mandi ini cocok bagi Anda penggemar luxury design atau desain yang menonjolkan kemewahan.

Anda bisa mengaplikasikan marmer pada dinding kamar mandi, lantai, maupun countertop di dalam kamar mandi.

5. Hiasan Rumah

Bagi Anda penyuka luxury design, hiasan rumah dari marmer bisa dijadikan pilihan. Pasalnya, kesan mewah yang ditampilkan dari marmer ini bisa membuat rumah Anda terlihat mewah, meskipun sangat sederhana.

Meskipun marmer sendiri merupakan jenis batuan. Namun, marmer termasuk jenis batuan yang mudah dibentuk. Kualitas marmer juga tidak perlu diragukan lagi, ia memiliki kualitas yang kuat dan tahan lama. Namun, Anda tetap perlu memperhatikan perawatan rutinnya.

Baca juga: Ragam Jenis Marmer Warna Putih

Itu dia informasi seputar marmer warna putih. Dari tulisan ini, Anda bisa mengetahui proses pembentukan marmer dan pengaplikasian marmer berwarna putih